PKM Pengaplikasian Tusuk Dasar Sulaman Benang Pada Lenan Rumah Tangga Dalam Peningkatan Nilai Produk di BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Padangsidempuan

  • Khairunnisa Butar - Butar Universitas Aufa Royhan
  • Olivia Feby Mon Harahap

Abstract

Perubahan kehidupan saat ini yang terjadi dikarenakan fenomena pandemi yang terjadi. Menjadikan banyak perubahan yang berarti pada pola kehidupan semua orang. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menyeimbangkan diri. Salah satunya adalah pengelolaan produk dengan mengaplikasikan sulaman benang untuk meningkatkan nilai produk yang akan dilakukan pada proses pendampingan ini. Dengan tujuan agar Masyarakat mengetahui produk yang memungkinkan untuk dapat dikembangkan dengan meningkatkan nilai jual produk salah satunya dengan mengaplikasikan tusuk dasar sulaman tangan. Metode pelasanaan yang digunakan adalah komunikasi dua arah (instruktur dan peserta) dengan melakukan demonstrasi, praktek dan evaluasi. Bahan ajar yang digunakan adalah handout dan media presentasi (PPT), Leaflet, LCD, In focus, Sound System. Sedangkan alat dan bahan yang digunakan alat sulam benang seperti jarum tangan dan benang sulam, ram (pembidang), masker kain dan sarung bantal kursi. Hasil dari kegiatan ini yaitu pemaparan materi tentang peningkatan produk melalui pengaplikasian sulaman benang menunjukkan antusiasme peserta dalam kegiatan ini. Praktek beberapa jenis tusuk dasar sulaman benang yang diaplikasikan langsung pada masker kain dan sarung bantal menjadi satu keterampilan baru bagi peserta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 29, 2021
How to Cite
BUTAR - BUTAR, Khairunnisa; HARAHAP, Olivia Feby Mon. PKM Pengaplikasian Tusuk Dasar Sulaman Benang Pada Lenan Rumah Tangga Dalam Peningkatan Nilai Produk di BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Padangsidempuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-4, apr. 2021. Available at: <http://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/336>. Date accessed: 14 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i1.336.