STIMULASI TUMBUH KEMBANG BAYI DAN BALITA DENGAN PIJAT BAYI DI DESA SIMASOM KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU TAHUN 2020

  • Rika Apripan Akademi Kebidanan Sentral

Abstract

Promosi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebiajakan publik yang berwawasan kesehatan. Kegiatan promosi kesehatan yang diselenggarakan mencakup diantaranya            penyebarluasan informasi termasuk penyuluhan kesehatan.


Pijat bayi adalah sentuhan tangan manusia yang merupakan salah satu alat yang sangat efektif dalam menghilangkan sakit pada tubuh yang dilakukan pada bayi berusia 6-12 bulan pertama. Dewasa ini para pakar telah dapat membuktikan secara ilmiah tentang manfaat pijat bayi,antara lain, meningkatkan berat badan, membina ikatan kasih saying orang tua dan anak, meningkatkan produksi ASI, membantu mudah tidur, mengurangi kolik (nyeri perut). Orang tua yang memijat anaknya dapat merangsang perkembangan koneksi antara sel – sel saraf otak bayi yang akan membentuk dasar untuk berfikir, merasakan dan belajar.


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang stimulasi pertumbuhan daan perkembangan bayi balita dengan pijat bayi serta bagaimana cara melakukan pijat bayi dengan teknik yang benar.


Bahan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini brosur atau selebaran yang berisi tehnik melakukan pijat bayi.


Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan pemberian promosi kesehatan tentang pijat bayi dan mempraktekkan tata laksana pijat bayi. Dengan Pengabdian ini ibu lebih paham manfaat pijat bayi tidak sekedar memijat bayi saat sakit saja.


Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para ibu memahami dan mampu mempraktekkan cara melakukan pijat bayi sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan. Evaluasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melakukan redemonstrasi para peserta secara langsung.


              


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2021
How to Cite
APRIPAN, Rika. STIMULASI TUMBUH KEMBANG BAYI DAN BALITA DENGAN PIJAT BAYI DI DESA SIMASOM KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU TAHUN 2020. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 122-127, apr. 2021. Available at: <http://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/373>. Date accessed: 14 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i1.373.