Analisis Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit X Kota Tebing Tinggi

Authors

  • Muthia Khanza Errisya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Klaim BPJS merupakan pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan, dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Dalam pelaksanaanya penggunaan BPJS Kesehatan akan dilakukan pengklaiman dilakukan setalah pasien selesai melakukan perawatan, dalam proses pengajuan klaim yang diajukan dari Rumah Sakit kepada pihak BPJS Kesehatan dengan beberapa tahapan verifikasi kelengkapan berkas baik secara administrasi kepesertaan, administrasi pelayanan maupun verfikasi pelayanan kesehatan. Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dipending dapat menyebabkan pembayaran pada fasilitas kesehatan tidak sesuai dengan biaya yang diajukan, hal ini dapat menyebabkam kerugian bagi rumah sakit yang melakukan kerja sama dengan BPJS menjadi rugi, terutama pada rumah sakit pemerintah hal ini terjadi karena ketidaksesuaian pembiayaan dengan jumlah klaim yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil 5 narasumber yang berasal dari petugas di Rumah Sakit X Kota Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan Pengembalian berkas klaim pasien rawat inap BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Kota Tebing Tinggi terjadi karena ketidak sesuaian atau tidak lengkapnya pengisian item-item di dalam pengisian rekam medis, kesalahan petugas dalam proses penginputan, selain itu perbedaan pemahaman mengenai kelengkapan berkas klaim antara pihak Verifikator internal rumah sakit dengan pihak verifikator BPJS Kesehatan.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Errisya, M. K. (2024). Analisis Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit X Kota Tebing Tinggi. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, 9(1), 321–327. Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1409