PENGARUH EDUKASI DENGAN ANATOMICAL DOLL TERHADAP PENGENALAN AREA PRIVASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Puput Nur Valentina Sekolah Tinggi Ilmu Keseahatan Bethesda Yakkum Yogyakarta

Keywords:

Edukasi, Anatomical Doll, Pengenalan, Area Privasi

Abstract

Kurangnya edukasi seksual pada anak usia prasekolah membuat anak-anak tidak mengerti tentang bagian area privasi. Edukasi di sekolah masih monoton serta kurang menarik untuk anak-anak usia prasekolah. Anatomical doll dapat digunakan untuk memberikan edukasi pada anak usia prasekolah karena memiliki bentuk yang menarik untuk diperhatikan dan dipelajari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan anatomical doll terhadap pengenalan area privasi pada anak usia prasekolah. Desian penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest only design. Populasi penelitian seluruh siswa di TK Indriyasana Gancahan Sleman, Yogyakarta. Teknik nonprobability sampling dengan metode total sampling berjumlah 43 responden. Alat ukur lembar observasi yang dimodifikasi. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon Test. Didapatkan hasil pengenalan area privasi anak sebelum diberikan edukasi dengan anatomical doll sebanyak 22 responden (51,2%) dikategori cukup dan setelah diberikan edukasi dengan anatomical doll sebanyak 28 responden (65,1%) dikategori cukup. Hasil uji Wilcoxon didapatkan hasil p-value 0,000 (< 0,05), yang berarti ada pengaruh pemberian edukasi dengan anatomical doll terhadap pengenalan area privasi pada anak usia prasekolah.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Puput Nur Valentina. (2024). PENGARUH EDUKASI DENGAN ANATOMICAL DOLL TERHADAP PENGENALAN AREA PRIVASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 9(2). Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1886