PENGARUH EDUKASI DENGAN ANATOMICAL DOLL TERHADAP PENGENALAN AREA PRIVASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
Keywords:
Edukasi, Anatomical Doll, Pengenalan, Area PrivasiAbstract
Kurangnya edukasi seksual pada anak usia prasekolah membuat anak-anak tidak mengerti tentang bagian area privasi. Edukasi di sekolah masih monoton serta kurang menarik untuk anak-anak usia prasekolah. Anatomical doll dapat digunakan untuk memberikan edukasi pada anak usia prasekolah karena memiliki bentuk yang menarik untuk diperhatikan dan dipelajari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan anatomical doll terhadap pengenalan area privasi pada anak usia prasekolah. Desian penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest only design. Populasi penelitian seluruh siswa di TK Indriyasana Gancahan Sleman, Yogyakarta. Teknik nonprobability sampling dengan metode total sampling berjumlah 43 responden. Alat ukur lembar observasi yang dimodifikasi. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon Test. Didapatkan hasil pengenalan area privasi anak sebelum diberikan edukasi dengan anatomical doll sebanyak 22 responden (51,2%) dikategori cukup dan setelah diberikan edukasi dengan anatomical doll sebanyak 28 responden (65,1%) dikategori cukup. Hasil uji Wilcoxon didapatkan hasil p-value 0,000 (< 0,05), yang berarti ada pengaruh pemberian edukasi dengan anatomical doll terhadap pengenalan area privasi pada anak usia prasekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Health Scientific Journal (JKII) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.