HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERTUMBUHAN BERAT BADAN BAYI 0-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANGMATINGGI KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2018

  • Srianty Siregar
  • Sukhri Herianto Ritonga

Abstract

ASI   eksklusif   adalah   bayi   hanya   menerima   ASI   dari   ibu,   tanpa penambahan cairan atau makanan padat lain mulai dari 0-6 bulan, kecuali sirup yang berisi vitamin, suplemen mineral atau obat. Seorang anak yang sehat dan normal akan tumbuh sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya. Tetapi pertumbuhan ini juga akan dipengaruhi oleh intake zat   gizi   yang   dikonsumsi dalam    bentuk    makanan.    Kekurangan    atau    kelebihan    gizi akan dimanifestasikan   dalam   bentuk   pertumbuhan   yang   menyimpang   dari   pola standar. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi ada  hubungan antara pemberian ASI ekslusif dengan pertumbuhan berat badan bayi 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas   Padangmatinggi   Kota   Padangsidimpuan   Tahun   2018.   Metode penelitian ini adalah metode penelitian  yang menggunakan pendekatan deskriftif korelasi dengan rancangan studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu menyusui bayi 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan berjumlah 67 orang. Sampel adalah keseluruhan dari populasi untuk dijadikan sampel yaitu sebanyak 67 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder yang meliputi, umur ibu, pendidikan  ibu, pekerjaan ibu, umur bayi, pemebrian ASI ekslusif dan pertumbuhan berat badan bayi 0-6 bulan. Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan pemberian ASI ekslusif dengan pertumbuhan berat badan bayi 0-6 bulan (p=0,003). Tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan penyuluhan oleh petugas kesehatan kepada ibu menyusui yang memiliki bayi 0-6 bulan agar memberikan ASI  ekslusif  mulai  dari  usia  bayi  0-6  bulan,  dan  mengetahui  manfaat  jika diberikan ASI ekslusif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 8, 2020
How to Cite
SIREGAR, Srianty; RITONGA, Sukhri Herianto. HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERTUMBUHAN BERAT BADAN BAYI 0-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANGMATINGGI KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2018. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-43, june 2020. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/230>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v5i1.230.

Most read articles by the same author(s)