Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Padang Sidempuan

Authors

  • siti isma sari lubis Univeristas Aufa Royhan
  • Violintikha Harmawan
  • Fitri Yasih

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.1001

Abstract

Literasi merupakan kemampuan dalam memahami dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan, antara lain kegiatan membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Seseorang wajib memeiliki keterampilan ini sebagai bagian besar dalam proses pendidikannya, baik secara formal maupun nonformal. Para peserta didik baik di sekolah menengah pertama maupun atas dituntut untuk memiliki kemampuan literasi bagi peserta didiknya yang berkaitan dengan keterampilan membaca yang mencakup kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dam reflektif. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Oleh karena itu diperlukan peningkatan budaya literasi disekolah melalui kegiatan pengadian kepada masyarakat di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan, yang bertujuan untuk meningkatkankan budaya literasi melalui kegiatan-kegiatan gerakan literasi bagi warga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Padangsidimpuan.

Keywords:

Literasi, Gerakan Literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marseno, R. (2014). Identifikasi Literasi Informasi dalam Rangka Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Institut Pertanian Bogor.
Riski, Ligia. Yunus Winoto. Asep Saeful Rohman. (2018). Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Pertama
Dalam Pengerjaan Tugas Sekolah. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Volume 2 Nomor 2,
(Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama

Published

2023-04-29

How to Cite

lubis, siti isma sari, Harmawan, V., & Yasih, F. (2023). Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Padang Sidempuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(1), 44–47. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.1001