PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG RESUSITASI JANTUNG PARU SEBAGAI PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK PENDERITA SERANGAN JANTUNG PADA PELAJAR DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Sukhri Herianto Ritonga Lecturer

Abstract

ABSTRAK


Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah tindakan pertama untuk menolong pasien dengan henti nafas dan henti jantung. Perawat diharapkan bisa melakukan tindakan tersebut untuk dapat menolong pasien atau korban kecelakaan yang mengalami henti nafas dan henti jantung. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Siswa SMK Negeri Pertanian Pembangunan terkait prosedur RJP. Metode pelaksanaan kegiatan penyuluhan adalah dengan pendampingan secara luring yang dilatih oleh tenaga professional dan menguasai tentang RJP. Guna melihat nilai bagaimana pengetahuan peserta penyuluhan, maka sebelum dan setelah kegiatan penyuluhan, peserta diminta untuk mengisi kuesioner Pre-Test dan Post-Test tentang tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan. Hasil penilaian menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pemberian materi adalah 44,00 dan 90,00. Kegiatan penyuluhan ini dapat berjalan dengan lancar. Kesimpulanya adalah terdapat peningkatan pengetahuan peserta tentang prosedur resusitasi jantung paru dari pentingnya                                 3A, assessment, Call for Help, melakukan RJP dengan benar hingga evaluasi akhir dan terdapat peningkatan motivasi peserta yang sebelumnya enggan melakukan RJP menjadi termotivasi untuk melakukan RJP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2023
How to Cite
RITONGA, Sukhri Herianto. PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG RESUSITASI JANTUNG PARU SEBAGAI PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK PENDERITA SERANGAN JANTUNG PADA PELAJAR DI KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 25-29, aug. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1060>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1060.