PENYULUHAN MP- ASI PADA IBU BALITA DI KELURAHAN LEMBAH LUBUK MANIK KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2022

  • KHOIRUNNISA NASUTION AKADEMI KEBIDANAN SENTRAL PADANGSIDIMPUAN
  • Ayu Trisna AKADEMI KEBIDANAN SENTRAL PADANGSIDIMPUAN

Abstract

ABSTRAK


 


           Bertambahnya umur bayi, bartambah pula kebutuhan gizinya, sebab  itu sejak umur 6 bulan bayi mulai diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI). Pemberian MP-ASI yang tidak sesuai akan menimbulkan masalah dalam status gizi anak salah satunya masalah gizi kurang dan gizi buruk.


Tujuan penyuluhan ini adalah: Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu balita dalam pembuatan MP-ASI yang berkualitas, padat gizi dan bervolume kecil dengan memanfaatkan Bahan makanan dari bahan local di di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kota padangsidimpuanTahun 2022.


Bahan dan metode yang digunakan: Menggunakan leaflet dengan metode ceramah dan Tanya jawab.


Hasil Pengabdian  masyarakat ini dari terdapat peningkatan pengetahuan ibu-ibu yang memiliki balita tentang cara membuat MP-ASI dengan  bahan-bahan lokal berkualitas yang ada di sekitar lingkungan, yaitu:  skor pengetahuannya sebelum penyuluhan 50 % (kurang) menjadi 95 % (baik).setelah penyuluhan.


Kesimpulan: Masyarakat membutuhkan informasi tentang bagaimana cara membuat dan menyajikan MP-ASI yang berkualitas dan padat gizi terutama ibu Balita di Kelurahan Lembah Lubuk Manik.


.


 


Kata kunci : Penyuluhan, MP-ASI, Ibu


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 2, 2023
How to Cite
NASUTION, KHOIRUNNISA; TRISNA, Ayu. PENYULUHAN MP- ASI PADA IBU BALITA DI KELURAHAN LEMBAH LUBUK MANIK KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 78 - 81, sep. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1072>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1072.