P PENYULUHAN PENTINGNYA VAKSIN COVID 19 DAN MENGENAL EFEK SAMPING VAKSINASI DI KELURAHAN TINGKIR LOR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA

  • Edi Sutarmanto STIKES ArRum

Abstract

Vaksin merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman dan jika diberikan kepada seseorang akan membuat kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu. Vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Tujuan dari penyuluhan ini adalah agar masyarakat terlebih ibu rumah tangga mengenal lebih dekat tentang vaksin covid 19 dan menghindari berita-berita tentang efek samping vaksinasi yang berlebihan. Pelaksanaan penyuluhan pentingnya vaksin covid 19 dan mengenal efek samping vaksinasi dilaksanakan dengan sasaran kelompok ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) di kelurahan tingkir lor kecamatan tingkir kota salatiga. Peserta penyuluhan berjumlah 46 ibu-ibu PKK. Penyuluhan dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab dalam sebuah kelompok-kelompok kecil, dengan menggunakan media leaflet. Kegiatan penyuluhan pentingnya vaksin covid 19 dan mengenal efek samping vaksinasi dapat diterima dengan baik, ibu-ibu PKK mengetahui tentang vaksin covid 19 dan efeks ampingnya lebih baik.


 


Kata kunci : Vaksin covid 19, efek samping vaksin covid 19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 2, 2023
How to Cite
SUTARMANTO, Edi. P PENYULUHAN PENTINGNYA VAKSIN COVID 19 DAN MENGENAL EFEK SAMPING VAKSINASI DI KELURAHAN TINGKIR LOR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 75 - 77, sep. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1074>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1074.