PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD GUNUNG TUA TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1081Abstract
ABSTRAK
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan kunjungan ulang. Aspek yang berarti untuk rumah sakit serta organisasi pelayanan kesehatan ialah bagaimana pihak rumah sakit melaksanakan pemasaran pelayanan yang terdapat pada rumah sakit sehingga bisa menarik atensi warga buat bisa ke pelayanan kesehatan tersebut. Bila pemasaran kurang sukses hingga hendak menyebabkan berkurangnya peminat yang hendak memakai jasa kesehatan dirumah sakit serta hendak memunculkan immage yang tidak baik untuk pihak rumah sakit. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya RSUD Gunung Tua dapat meningkatkan program bauran pemasaran agar minat kunjungan ulang pasien semakin meningkat ke rumah sakit.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Kunjungan Ulang, Poliklinik Penyakit Dalam
ABSTRACK
The marketing mix is a set of marketing tools that the company uses to continuously achieve its marketing objectives which consist of product, price, place and promotion. Interest in repeat visits is a behavior that appears as a response to objects that indicate a customer's desire to make a repeat visit. An important aspect for hospitals and health service organizations is how the hospital markets the services available at the hospital so that it can attract the attention of the public to get these health services. If marketing is not successful, it cause a decrease in enthusiasts who want to use hospital health services and will create a bad image for the hospital. The purpose of this activity is so that the Gunung Tua Hospital can improve the marketing mix program so that the interest visit of patients’ to hospital increase.
Keywords: Marketing Mix, Interest in Repeat Visits, Internal Medicine Polyclinic
Keywords:
Keywords: Marketing Mix, Interest in Repeat Visits, Internal Medicine PolyclinicDownloads
References
Assauri & Sofyan., 2021. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan strategi. Jakarta: Grafindopersada.Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Lestari & Rindu., 2019. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien: Program Studi Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju.
Chasanah & Uswatun., 2018. Pemasaran Sosial Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.
Pravitasi & Sugiyanto., 2018. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keinginan Pasien Untuk Kembali Memanfaatkan Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang: Fakultas Kesehatan Udinus.
Hamali., 2019. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS (Canter for Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong., 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Cannon, Joseph P., Perreault, Jr.William D., McCarthy, E.Jerome., 2020. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Edisi Keenam Belas. Salemba Empat. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.