PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD GUNUNG TUA TAHUN 2023

  • Tiasa Pohan STIKes Paluta Husada Gunung Tua

Abstract

ABSTRAK


Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan kunjungan ulang. Aspek yang berarti untuk rumah sakit serta organisasi pelayanan kesehatan ialah bagaimana pihak rumah sakit melaksanakan pemasaran pelayanan yang terdapat pada rumah sakit sehingga bisa menarik atensi warga buat bisa ke pelayanan kesehatan tersebut. Bila pemasaran kurang sukses hingga hendak menyebabkan berkurangnya peminat yang hendak memakai jasa kesehatan dirumah sakit serta hendak memunculkan immage yang tidak baik untuk pihak rumah sakit. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya RSUD Gunung Tua dapat meningkatkan program bauran pemasaran agar minat kunjungan ulang pasien  semakin meningkat ke rumah sakit.


Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Kunjungan Ulang, Poliklinik Penyakit Dalam


 


ABSTRACK


The marketing mix is ​​a set of marketing tools that the company uses to continuously achieve its marketing objectives which consist of product, price, place and promotion. Interest in repeat visits is a behavior that appears as a response to objects that indicate a customer's desire to make a repeat visit. An important aspect for hospitals and health service organizations is how the hospital markets the services available at the hospital so that it can attract the attention of the public to get these health services. If marketing is not successful, it cause a decrease in enthusiasts who want to use hospital health services and will create a bad image for the hospital. The purpose of this activity is so that the Gunung Tua Hospital can improve the marketing mix program so that the interest visit of patients’ to hospital  increase.


Keywords: Marketing Mix, Interest in Repeat Visits, Internal Medicine Polyclinic



Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2023
How to Cite
POHAN, Tiasa. PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD GUNUNG TUA TAHUN 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 20-24, aug. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1081>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1081.