PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD GUNUNG TUA TAHUN 2023

Authors

  • Tiasa Pohan STIKes Paluta Husada Gunung Tua

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1081

Abstract

ABSTRAK

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan kunjungan ulang. Aspek yang berarti untuk rumah sakit serta organisasi pelayanan kesehatan ialah bagaimana pihak rumah sakit melaksanakan pemasaran pelayanan yang terdapat pada rumah sakit sehingga bisa menarik atensi warga buat bisa ke pelayanan kesehatan tersebut. Bila pemasaran kurang sukses hingga hendak menyebabkan berkurangnya peminat yang hendak memakai jasa kesehatan dirumah sakit serta hendak memunculkan immage yang tidak baik untuk pihak rumah sakit. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya RSUD Gunung Tua dapat meningkatkan program bauran pemasaran agar minat kunjungan ulang pasien  semakin meningkat ke rumah sakit.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Kunjungan Ulang, Poliklinik Penyakit Dalam

 

ABSTRACK

The marketing mix is ​​a set of marketing tools that the company uses to continuously achieve its marketing objectives which consist of product, price, place and promotion. Interest in repeat visits is a behavior that appears as a response to objects that indicate a customer's desire to make a repeat visit. An important aspect for hospitals and health service organizations is how the hospital markets the services available at the hospital so that it can attract the attention of the public to get these health services. If marketing is not successful, it cause a decrease in enthusiasts who want to use hospital health services and will create a bad image for the hospital. The purpose of this activity is so that the Gunung Tua Hospital can improve the marketing mix program so that the interest visit of patients’ to hospital  increase.

Keywords: Marketing Mix, Interest in Repeat Visits, Internal Medicine Polyclinic


Keywords:

Keywords: Marketing Mix, Interest in Repeat Visits, Internal Medicine Polyclinic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenkes RI, 2010., Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340 Tahun 2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Assauri & Sofyan., 2021. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan strategi. Jakarta: Grafindopersada.Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Lestari & Rindu., 2019. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien: Program Studi Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju.
Chasanah & Uswatun., 2018. Pemasaran Sosial Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.
Pravitasi & Sugiyanto., 2018. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keinginan Pasien Untuk Kembali Memanfaatkan Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang: Fakultas Kesehatan Udinus.
Hamali., 2019. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS (Canter for Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong., 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Cannon, Joseph P., Perreault, Jr.William D., McCarthy, E.Jerome., 2020. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Edisi Keenam Belas. Salemba Empat. Jakarta

Published

2023-08-30

How to Cite

Pohan, T. (2023). PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD GUNUNG TUA TAHUN 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(2), 20–24. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1081