PENYULUHAN DAN PELAYANAN SENAM NIFAS DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARA TAIS TAHUN 2023

  • rika - Appripan Akademi Kebidanan Sentral

Abstract

Masa nifas dimulai sesudah persalinan dan kelahiran bayi, plasenta, serta selaput yang diperlukan untuk memulihkan kembali organ kandungan seperti sebelum hamil dengan waktu kurang lebih 6 minggu pada masa nifas akan mengalami perubahan baik fisik maupun psikis. Perubahan fisik seperti otot mengalami penguluran, terutama otot rahim dan perut setelah melahirkan pasti terjadi pada setiap ibu pasca melahirkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat proses kembalinya system reproduksi seperti semula adalah dengan melaksanakan senam Nifas.Senam Nifas merupakan senam atau latihan gerak yang dilakukan pada saat seorang ibu menjalani masa nifas atau masa setelah melahirkan.


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan ibu dalam melaksanakan senam nifas. Bahan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini dengan membagiikan leaflet kepada masyarakat. Dengan metode pemberian konseling terhadap ibu-ibu nifas, kemudian praktik bersama guna mengajarkan ibu cara senam nifas sendiri di rumah yang memliki banyak manfaat baik terhadap bayi, dan juga manfaat bagi ibu. Ibu diajarkan beberapa teknik dalam memijat bayi.


Dengan Pengabdian ini ibu lebih paham manfaat senam nifas dan bisa melaksanakannya secara mandiri. Diharapkan kepada Bidan Desa untuk memotivasi ibu melakukan senam nifas dan membuat kelas bagi ibu nifas.


              


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 2, 2023
How to Cite
APPRIPAN, rika -. PENYULUHAN DAN PELAYANAN SENAM NIFAS DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARA TAIS TAHUN 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 51 - 55, sep. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1084>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i2.1084.