POSYANDU REMAJA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN CATIN (CALON PENGANTIN) DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI DESA TINJOMAN KECAMATAN HUTAIMBARU KOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Delfi Ramadhini Universitas Aufa Royhan

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun. Remaja merupakan masa transisi perekembangan mental, fisik dan reproduksi manusia dapat berdampak pada status kesehatan secara umum. Perkembangan informasi dan teknologi dapat memepengaruhi perilaku remaja sehat termasuk perilaku berisiko. Permasalahan yang terjadi pada remaja antara lain anemia pada remaja, kenakalan remaja, susah berkonsentrasi, kurang percaya diri, penyalahgunaan obat dan narkotika, merokok. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah membentuk kader posyandu remaja. Permasalahan yang dihadapi yaitu kader belum mngetahui hubungan calon pengantin dengan kejadian stunting di desa tinjoman . Metode pelaksanaan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah merevitalisasi posyandu remaja dengan memberikan penyuluhan kepada seluruh remaja di desa Tinjoman tentang pelaksanaan posyandu remaja. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian Masyarakat melalui edukasi dan penyuluhan mengenai Posyandu Remaja di Desa Tinjoman Kampung Setia Kec. PadangsidimpuanĀ  Hutaimbaru. Penelitian yang di gunakan menggunakan metode edukasi dan penyuluhan yang dilaksanaakan pada tanggal 06 Oktober 2023 di Desa Tinjoman Kampung Setia, Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru. Populasi subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang mengikuti posyandu remaja, banyak sampel yang digunakan sebanyak 35 orang. Hasil dan luaran yang dihasilkan adalah terbentunya kader posyandu remaja dan para remaja lebih mengetahui tentang dampak dari menikah muda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2023
How to Cite
RAMADHINI, Delfi. POSYANDU REMAJA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN CATIN (CALON PENGANTIN) DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI DESA TINJOMAN KECAMATAN HUTAIMBARU KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 51 - 55, dec. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1150>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i3.1150.