PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERKELANJUTAN DENGAN METODE PELATIHAN, PENDAMPINGAN, DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DI CV. NISCAYA BERKAH

  • Muhammad Rifai Siregar universitas aufa royhan

Abstract

Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting bagi pembangunan ekonomi daerah dan pemerintah. Dengan penekanan pada pelatihan, pendampingan, dan pengembangan kewirausahaan di CV Niscaya Berkah, sebuah UMKM yang bergerak di bidang perdagangan elektronik di kabupaten Cimahi, Jawa Barat, makalah pengabdian masyarakat ini berupaya menerapkan strategi berkelanjutan untuk pengembangan UMKM.


Program ini dibuat melalui konsultasi dengan pemilik CV Niscaya Berkah untuk memenuhi kebutuhan khusus UMKM. Pelatihan manajemen bisnis, disesuaikan dengan kesulitan dan peluang yang dihadapi CV Niscaya Berkah. Dengan pelatihan intensif, pemilik UMKM memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang baru mereka temukan dalam menjalankan bisnis mereka. Kurikulumnya mengedepankan kerja sama tim dan kreativitas dalam rangka pengembangan kewirausahaan. Sementara pengembangan produk yang inovatif diprioritaskan untuk meningkatkan daya saing di sektor e-commerce yang semakin dinamis, riset pasar yang mendalam dilakukan untuk mengungkap prospek baru


Hasil dari kerja pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam kemampuan manajerial dan pemasaran CV Niscaya Berkah. UMKM ini berhasil menggunakan teknik manajemen operasional yang baru dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Portofolio yang lebih menarik dan luas dihasilkan sebagai hasil dari pengembangan produk yang inovatif. Dengan menggunakan strategi yang berkelanjutan, CV Niscaya Berkah mampu mengatasi hambatan yang dihadapi UMKM, memaksimalkan potensi pengembangan, dan memberikan kontribusi yang menguntungkan bagi perekonomian daerah dan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2023
How to Cite
SIREGAR, Muhammad Rifai. PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERKELANJUTAN DENGAN METODE PELATIHAN, PENDAMPINGAN, DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DI CV. NISCAYA BERKAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 71 - 76, dec. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1160>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i3.1160.