EDUKASI CARA PENGGUNAAN OBATHIPERTENSI SECARA BENAR KEPADA LANSIA Di DESA UJUNG GURAP

  • Haslinah Ahmad Aufa Royhan University

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah merupakan keadaan meningkatnya tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik ≥90 mmHg. Geriatrik (lansia) di Indonesia adalah sekelompok penghuni yang menjadi fokus perhatian karena dari jumlah lansia meningkat, dan membawa berbagai masalah kesehatan. Pengetahuan yang harus dimiliki oleh pasien hipertensi meliputi arti penyakit hipertensi, penyebab hipertensi, gejala yang sering menyertai dan pentingnya melakukan pengobatan yang teratur dan terus-menerus dalam jangka panjang serta mengetahui bahaya yang ditimbulkan jika tidak minum obat. Hipertensi dapat diobati dengan pengobatan dan gaya hidup farmakologis perbaikan dengan berbasis pengetahuan yang benar. Hipertensi akan menjadi masalah jika orang tua tidak dibimbing dan dilengkapi dengan pengetahuan yang tepat tentang kesehatan hipertensi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk
meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang hipertensi lansi
a di Desa Ujung Gurap. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan pasien hipertensi tentang pengobatannya  secara benar kepada lansia. Penjelasan kesehatan tentang hipertensi pada lansia dibuat dengan metode ceramah dan diskusi. Dari penyuluhan yang di lakukan di Desa Ujung Gurap pasien hipertensi yang lansia memiliki tingkat pengetahuan cukup sebesar. Dari penyuluhan ini adalah sebagian besar pasien hipertensi di Desa Ujung Gurap memiliki tingkat pengetahuan cukup tentang penggunaan obat hipertensi yang baik dan benar kepada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 29, 2023
How to Cite
AHMAD, Haslinah. EDUKASI CARA PENGGUNAAN OBATHIPERTENSI SECARA BENAR KEPADA LANSIA Di DESA UJUNG GURAP. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 159 - 161, dec. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1207>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i3.1207.