Edukasi kesehatan : Pemberantasan Jentik Nyamuk 3M Plus Kepada Masyarakat RW 02 Kelurahan Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Tahun 2023

  • Hayana Hayana
  • T. Ilham Mauludi
  • Nadya Leoni Agustin

Abstract

Kesehatan adalah suatu keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun social yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social dan ekonomi menurut UU No 36 tahun 2009. Deman Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes terutama Aedes aegypti berjenis kelamin betina. Demam dengue merupakan penyakit akibat nyamuk yang berkembang paling pesat di dunia. Untuk Indonesia sendiri yang merupakan negara beriklim tropis yang sangat mendukung perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti karena secara alamiah vektor tersebut dapat hidup di daerah yang beriklim hangat dan lembab. Upaya yang dapat dilakuakn dalam mengendalikan angka kejadian DBD adalah dengan promotif dan preventif. Yang mana kegiatannya berupa program PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), mulai dari pengendalian lingkungan dengan cara penyediaan sarana penampungan air bersih yang bebas jentik nyamuk, pengendalian perilaku dengan membiasakan masyarakat melakukan kegiatan 3M Plus yaitu: menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, mengubur dan menyingkirkan barang bekas yang dapat menjadi tempat penampungan air jentik nyamuk berkembang, dan plusnya memantau jentik nyamuk serta memberikan abate pada tempat penampungan air.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 11, 2023
How to Cite
HAYANA, Hayana; MAULUDI, T. Ilham; AGUSTIN, Nadya Leoni. Edukasi kesehatan : Pemberantasan Jentik Nyamuk 3M Plus Kepada Masyarakat RW 02 Kelurahan Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Tahun 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 252-257, dec. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1260>. Date accessed: 25 feb. 2024.