Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DBD Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas II B Padangsidimpuan

Authors

  • Yenni Farida Siregar Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan
  • Nur Aliyah Rangkuti Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang cenderung semakin luas penularannya, penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue dengan tanda-tanda tertentu dan disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes spp. Penyakit ini sering menimbulkan kekhawatiran masyarakat karena perjalanan penyakitnya cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Kegiatan penyuluhan tentang pencegahan dan pengendalian penyakit DBD kepada warga binaan lapas dilaksanakan sebagai langkah awal dalam pencegahan terjadinya penyakit DBD di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Padangsidimpuan. Kegiatan berupa penyampaian informasi tentang penyakit DBD dan cara pencegahannya. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 40 orang. Warga binaan lapas terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan dan memberikan feedback. Warga binaan diharapkan mempunyai inisiatif untuk bersama-sama memberantas tempat-tempat yang memiliki kemungkinan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Khususnya nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue sebagai penyebab penyakit DBD.

Keywords:

Demam berdarah dengue, Aedes aegypti, lapas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, B. 2007. Pengantar kesehatan Lingkungan. Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Dinkes Provinsi Sumatera Utara. 2013. Profil Kesehatan Sumatera Utara 2012.
WHO, (2015). Report on Global Surveillance of Epidemic-prone Infectious Diseases-Dengue and dengue haemorrhagic fever, http://www.who.int/csr/resources/publications/dengue/CSR_ISR_2000_1/ en/. Diakses pada tanggal 3 Februari 2019.

Published

2019-11-13

How to Cite

Siregar, Y. F., & Rangkuti, N. A. (2019). Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DBD Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas II B Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 1(1), 5–8. Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/128

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2