Pendidikan Kesehatan tentang Perawatan Keluarga pada Anak dengan ISPA di Ruang Anggrek RSUD Panyabungan

Authors

  • Febrina Angraini Simamora Stikes Aufa Royhan Kota Padangsidimpuan
  • Juni Andriani Rangkuti Universitas Aufa Royhan
  • Dina Mariana Manurung Universitas Aufa Royhan
  • Mei Adelina Harahap Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1299

Abstract

Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia. ISPA merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh agen infeksius yang menimbulkan gejala dalam waktu beberapa jam sampai beberapa hari.  Kemampuan keluarga dalam melaksanakan tugas kesehatan keluarga sangat diperlukan, agar keluarga dapat mencegah terjadinya ISPA pada anak. Tujuan dari penyuluhan ini adalah agar keluarga khusunya ibu dapat mengetahui konsep ISPA dan memahami tentang perawatan anggota keluarga yang mengalami ISPA. Peserta merupakan orangtua (keluarga) pasien anak yang mengalami ISPA dan menjalani rawat inap di ruang Anggrek RSUD Panyabungan. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Aufa Royhan didampingi oleh dosen pembimbing dan difasilitasi oleh pihak RSUD Panyabungan. Peran dan tugasnya telah ditetapkan antara lain sebagai penanggung jawab, moderator, pencatat, pengamat, fasilitator dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta penyuluhan tentang konsep ISPA dan cara perawatan anggota keluarga yang mengalami ISPA. Saran kepada keluarga agar lebih memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat pada aktivitas sehari-hari agar dapat mencegah terjadinya ISPA pada anggota keluarga.

Keywords:

penyuluhan keluarga, anak ISPA, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlinda, V. (2017). Application Of Family-Centered Nursing Model On The Execution Of Family Health Care In Preventing Acute Respiratory Tract Infection Of Under 5 Years Children In The Working Area Of Simpang Tiga Public Health Center Aceh. Jurnal Kedokteran Yarsi, 23(2), 165–186.
Putri, J., Naela Sangadah, L., Wiwin Mulyati, N., & Fitriani, R. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan tentang Penyakit Asma pada Masyarakat. Kolaborasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132–140. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v2i2.80
Sari, D. P., & Ratnawati, D. (2020). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Merawat Balita dengan ISPA. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(02), 1–7. https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i02.578
Sekarlati, T., & Maryuni, S. (2021). Penyuluhan kesehatan tentang asma. Journal Of Public Health Concerns, 1(2), 121–129.
Smeltzer, S.C., Bare, B. G., Hinkle, J. L., & Cheever, K. H. (2010). Brunner & Suddart’s Textbook of Medical Surgical Nursing (12th) (S. C. O. S. Suzanne C. Smeltzer (ed.); 12th ed.). Wolters Kluwer Health/Lippincott Williams & Wilkins.
Weni Utari, Arneliwati, & Novayelinda, R. (2013). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).
WHO. (2020). Rational use of personal protective equipment for coronavirus disease 2019 (COVID-19) and considerations during severe shortages. Who, 2019(April), 1–28. https://apps.who.int/iris/handle/10665/331695

Published

2024-05-03

How to Cite

Simamora, F. A., Rangkuti, J. A., Manurung, D. M., & Harahap, M. A. (2024). Pendidikan Kesehatan tentang Perawatan Keluarga pada Anak dengan ISPA di Ruang Anggrek RSUD Panyabungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 6(1), 63–67. https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1299