TERAPI BERMAIN MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI DALAM PENINGKATKAN KEAHLIAN MOTORIK HALUS ANAK PRE SCHOOL RA AMANAH HUTAIMBARU KOTA PADANG SIDEMPUAN

Authors

  • adi antoni universitas aufa royhan
  • Abdullah AA Universitas Aufa Royhan
  • Anto J.Hadi Universitas Aufa Royhan
  • Haslinah Ahmad Universitas Aufa Royhan
  • Fatma Mutia Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1301

Abstract

Terapi bermain merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan memampuan anak dalam kualitas motorik halus anak. Bermain origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak sehingga kemampuan gerak anak dapat dimaksimalkan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melatih kemampuan anak usia pre school dalam meningkatkan motorik halus dalam membuat kerajinan berbahan dasar kertas origami. Metode kegiatan ini meliputi kegiatan terapi bermain di sekolah RA Amanah Hutaimbaru menggunakan kertas origami yang dibuat berbagai bentuk, kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 6 Maret 2024. Kegiatan dilakukan selama 2 jam dilakukan kepada 25 anak RA/TK. Hasil pengabdian ini diperoleh anak terlihat senang mengikuti bermain, 4% anak mampu memanfaatkan kertas origami dalam membuat kerajinan sedangkan 96 % anak (24 orang) masih kurang bisa membuat kerajinan secara mandiri. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bahwa melakukan terapi stimulasi motorik halus penting bagi anak dalam meningkatkan kemampuan motorik anak.

Keywords:

terapi bermain, origami, motorik halus

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Maghfuroh, L., & Putri, K. C. (2017). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia pre school di tk sartika i sumurgenuk kecamatan babat lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1).
2. Anggraini, A., Fetriyah, U. H., & Nito, P. J. B. (2024). TERAPI BERMAIN PLAYDOUGH BERPENGARUH PADA PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH. 12(1), 257–266.
3. Molintao, W. P., Hardianto, & Nivindy. (2023). Terapi Bermain Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 2(1), 44–49.
4. Putri, N. P., & Sulistyawati, E. (2024). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah melalui Penerapan Terapi Bermain Papercraft.
5. Ulandary, Y., & Shodiq, M. (2023). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Bermain Training Fine Motor Skill of Autism Child Through Play Therapy. 19(1), 54–60.

Published

2024-05-03

How to Cite

antoni, adi, AA, A., J.Hadi, A., Ahmad, H., & Mutia, F. (2024). TERAPI BERMAIN MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI DALAM PENINGKATKAN KEAHLIAN MOTORIK HALUS ANAK PRE SCHOOL RA AMANAH HUTAIMBARU KOTA PADANG SIDEMPUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 6(1), 75–78. https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1301

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>