PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI PEER EDUCATOR KONSEP DASAR PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT
Keywords:
Peer Educator, PHBS, Educator cilikAbstract
ABSTRAK
Masalah kesehatan yang terjadi pada anak sekolah antara lain karies gigi, cacingan, ketajaman penglihatan, masalah gizi, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti menggosok gigi dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Tujuan : kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan tindakan siswa-siswi dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah, agar terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan yang dapat terjadi. Metode : Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri No.1000208 Desa Siamporik Dolok, Kecamatan Angkola Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Juni-Juli 2024. Populasi kegiatan ini adalah seluruh siswa-siswi SD mulai dari kelas I- kelas V sejumlah 60 orang siswa. Pemilihan peer educator ini dilakukan dengan kriteria yang sudah ditentukan yaitu : 1). Keaktifan dikelas , 2). Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, 3) Mendapatkan point tertinggi pertama sampai ketiga tiap kelasnya saat dilaksanakannya kegiatan pre test berupa pengisian koesioner, 4) Mempunyai kemampuan memimpin dan mempengaruhi teman , serta 5). Disiplin. Hasil : Pesan yang disampaikan oleh educator cilik mampu dipahami dan diaplikasikan dengan baik, siswa-siswi dapat terdorong dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Kesimpulan : Pendidikan kesehatan metode peer education dapat memperbaiki pengetahuan siswa tentang konsep dasar PHBS sehingga dapat meningkatkan antusiasme siswa untuk melakukan kegiatan PHBS setelah terjadi perubahan sikap dan perilaku.
ABSTRACT
Health problems that occur in school children include dental caries, worms, visual acuity, nutritional problems, and Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) such as brushing teeth and washing hands properly and correctly. Objective: This activity aims to increase students' understanding and actions in carrying out clean and healthy living behavior in the school environment, in order to avoid various types of health problems that can occur. Method: This activity was carried out at SD Negeri No.1000208 Siamporik Dolok Village, South Angkola District. This activity will be carried out from June-July 2024. The population of this activity is all elementary school students from class I to class V, totaling 60 students. The selection of peer educators is carried out using predetermined criteria, namely: 1). Activeness in class, 2). Have good communication skills, 3) Get the first to third highest points in each class when carrying out pre-test activities in the form of filling out questionnaires, 4) Have the ability to lead and influence friends, and 5). Discipline. Results: The messages conveyed by the little educators were able to be understood and applied well, students were encouraged to adopt clean and healthy living behavior at school. Conclusion: Health education using the peer education method can improve students' knowledge of the basic concepts of PHBS so that it can increase students' enthusiasm for carrying out PHBS activities after changes in attitudes and behavior occur.
Downloads
References
Bungai, J., Sasmithae, L., & Perdana, I. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Sekolah Dasar Di Desa Cangkang Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1305–1315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1247
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, P. D. dan P. M. K. P. K. R. dan T. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Untuk Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Direktorat Rahabilitasi Sosial Anak - Direktorat Jendral Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga.
Gani, H. A., Istiaji, E., & Pertiwi, P. E. (2015). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using (Studi Kualitatif di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten
Imron, 2012. Pendididkna Kesehatan Reproduksi Remaja. Peer Education dan EfektivitasProgram KIR.KRR di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz
Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta.
Sujarwo, 2008, Pedoman Konseling Teman Sebaya untuk Pengembangan Resiliensis, Yogyakarta, UNY
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachmi fadilah Dilah, Alwi Mansur, Alwi Mansur, Mihfa suhena, Mawaddah Lubis, Ratih Jannah, Ratih Jannah, Nadia Oktavia, Nadia Pratiwi, Iqbal Sukranjah, Pebri Khairani, Arinil Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
Most read articles by the same author(s)
- Arinil Hidayah, Nanda Masraini Daulay, Penyuluhan Pola Hidup Sehat Cegah Komplikasi Hipertensi Di Desa Manunggang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 1 (2020): Vol. 2 No. 1 April 2020
- Febrina Angraini Simamora, Arinil Hidayah, Penyuluhan tentang Cuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Danau Marsabut , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 2 (2021): Vol. 3 No. 2 Agustus 2021
- Arinil Hidayah, Adi Antoni, Penyuluhan Hidup Sehat Cegah Kejadian Diabetes Melitus Di Lapas Kelas II B Padangsidimpuan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 1 No. 1 (2019): Vol. 1 No. 1 Desember 2019
- Febrina Angraini Simamora, Arinil Hidayah, Skrining Penyakit Degeneratif pada Masyarakat Desa Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Tapanuli Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 2 (2022): Vol.4 No. 2 Agustus 2022
- Arinil Hidayah, PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MAKANAN BERISIKO DAN DAMPAK BAGI KESEHATAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 2 (2022): Vol.4 No. 2 Agustus 2022
- Febrina Angraini Simamora, nanda Masraini Daulay, Arinil Hidayah, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Kelurga (TOGA) di Desa Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 3 (2022): Vol. 4 No. 3 Desember 2022
- Nanda Masraini Daulay, Arinil Hidayah, IBM Pengendalian Hipertensi dengan Pemakaian Obat secara Rasional, Kontrol dan Olahraga Teratur di Desa Simirik Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 2 (2021): Vol. 3 No. 2 Agustus 2021
- Novita Sari Batubara, Arinil Hidayah, Pelatihan Pijat Oksitosin Pada Ibu Menyusui Untuk Memperlancar ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Rasoki Kota Padangsidimpuan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 1 No. 1 (2019): Vol. 1 No. 1 Desember 2019
- Arinil Hidayah, PENDIDIKAN KESEHATAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SD 100110 DI DESA SIUHOM , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 3 (2022): Vol. 4 No. 3 Desember 2022
- Arinil Hidayah, Nanda Masraini Daulay, Sosialisasi Pola Hidup Sehat Cegah Penyebaran COVID-19 Di Desa Labuhan Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Agustus 2020