Pendidikan Kesehatan Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Tahap Awal Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Reproduksi.

Authors

  • Nur Hamima Harahap Universitas Aufa Royhan
  • Nur Arfah Nasution
  • Rahmah Siregar
  • Irawati Harahap
  • Hoirunnisa Tanjung
  • Mutia Sari Lubis

Abstract

Pendidikan kesehatan personal hygiene pada saat menstruasi merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kesehatan reproduksi. Higiene dan manajemen menstruasi merupakan masalah yang kurang diakui dan belum mendapat perhatian yang memadai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja di MTsN 3 Padangsidimpuan. Indikator keberhasilan pengabdian kepada masyarakat ini adalah remaja putri mampu menerapkan personal hygiene dengan benar saat menstruasi agar terhindar dari masalah kesehatan reproduksi. Hasil kegiatan pengabdian kepada remaja menginformasikan pendidikan kesehatan personal hygiene pada saat menstruasi, remaja mendapat pemahaman baru dan sudah mampu menerapkan personal hygiene dengan benar saat menstruasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-01

How to Cite

Harahap, N. H., Nasution, N. A., Siregar, R. ., Harahap, I., Tanjung, H. ., & Lubis, M. S. (2024). Pendidikan Kesehatan Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Tahap Awal Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Reproduksi . Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 6(2). Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1546

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>