PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA MASA KEHAMILAN BAGI IBU HAMIL DI SIBONGBONG, ANGKOLA SELATAN

Authors

  • Ayu Trisna Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sentral

Abstract

Salah satu hal yang dinantikan setiap wanita untuk menambah rasa kesempurnaannya sebagai seorang wanita adalah masa kehamilan. Dengan penuh rasa syukur masa kehamilan adalah momen yang ditunggu dan dinantikan oleh setiap pasangan yang telah menikah. Akan tetapi kenyataannya masa kehamilan banyak membuat para ibu hamil menurun rasa kepercayaan dirinya. Ketika hamil, tidak hanya fisik yang mengalami perubahan, namun juga emosi dan pikiran. Oleh karena itu, ketika ibu hamil mengalami perubahan yang besar ini, menjaga kepercayaan diri adalah hal yang sangat penting. Ketika Ibu hamil memiliki kepercayaan diri maka akan lebih mudah baginya untuk menjalani masa kehamilan yang penuh dengan tantangan dan dapat menikmati setiap momen kehamilan tersebut.

Tujuan penyuluhan ini adalah: Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu hamil dalam menumbuhkan rasa kepercayaan diri di masa kehamilan dengan melakukan penyuluhan di Desa Sibongbong  Kecamatan Angkola Selatan. Bahan dan metode yang digunakan: Menggunakan leaflet dengan metode ceramah dan Tanya jawab. Hasil Pengabdian masyarakat ini dari terdapat peningkatan pengetahuan ibu-ibu hamil tentang cara menumbuhkan rasa kepercayaan diri di masa kehamilan, yaitu: skor pengetahuannya sebelum penyuluhan 50% (kurang) menjadi 95% (baik) setelah penyuluhan. Kesimpulan: Masyarakat membutuhkan informasi tentang pentingnya menumbuhkan rasa kepercayan diri di masa kehamilan di desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan.

Keywords:

Penyuluhan, Kepercayaan Diri, Masa Kehamilan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningsih, Fransisca Kurnia. " Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Pada Wanita Pasca Melahirkan", Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. 2016.

Bellieni, Ceccarelli, Rossi, Buonocore, Maffei, Perrone & Petraglia, 2007. Is prenatal bonding enhanced by prenatal education courses? Italy, Minerva Ginecologica.

Farajnezhad, F., Shaahmadi, F., Fashi, Z., & Daaylar, L. (2017). Prevalence of High-Risk Pregnancy and Some Relevant Factors in Referred Women to Health Centers. Journal of Scientific Achievements, 2(12): 4-7.

Hakim, Thursan. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspaswara.2002.

Huliana, M. (2007). Panduan Menjalani Kehamilan Sehat. Jakarta : Puspa Swara

S Zulkhairani · 2022 — Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2019. Febriani, C. A., & Perdana, A. A. (2021).

Trisna, A., Putri, D.K., (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Edukasi Prenatal Pada Ibu Hamil Di Desa Manunggang Jae Dusun II Dan Dusun IV. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darmais (JPMD), 2(2): 18-23.

Published

2024-08-31

How to Cite

Trisna, A. (2024). PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA MASA KEHAMILAN BAGI IBU HAMIL DI SIBONGBONG, ANGKOLA SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 6(2). Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/1555