Pendidikan Kesehatan Tentang Terapi Komplementer Untuk Mengatasi Mual Muntah pada Ibu Hamil di Desa Labuhan Labo Tahun 2019

  • Lola Pebrianthy
  • Sri Sari Sartika Dewi

Abstract

Pada kehamilan banyak terjadi perubahan, baik perubahan fisiologis maupun psikologis. Salah satu perubahan fisiologis merupakan ketidaknyamanan yang terjadi pada awal kehamilan adalah pada sistem pencernaan yaitu mual dan muntah. Gejala yang mengganggu ini sering disebut emesis gravidarum. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan ibu tentang terapi komplementer untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan tentang terapi komplementer yang dapat dilakukan untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil di Desa Labuhan Labo Tahun 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Hasil evaluasi selama proses kegiatan berlangsung didapatkan hampir seluruh peserta telah paham dan tahu apa saja jenis terapi komplementer untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil . Dengan adanya pendidikan kesehatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang cara mengatasi mual muntah yang biasa dialami pada masa kehamilan trimester 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 6, 2020
How to Cite
PEBRIANTHY, Lola; DEWI, Sri Sari Sartika. Pendidikan Kesehatan Tentang Terapi Komplementer Untuk Mengatasi Mual Muntah pada Ibu Hamil di Desa Labuhan Labo Tahun 2019. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-36, apr. 2020. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/289>. Date accessed: 18 may 2024.