Pengaruh Media Elektronik Terhadap Pemasaran Hasil Produksi di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan

Authors

  • nazaruddin nasution univwesitas aufa royhan
  • Intan Nisa Azhar Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v3i1.351

Abstract

Salah satu komponen dalam Tridharma Perguruan tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Setiap dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membagikan ilmu yang dimiliki untuk menunjang kemajuan masyarakat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini. Pengaruh Media Elektronik Terhadap Pemasaran Hasil Produksi di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media digital terhadap tingkat penjualan hasil produksi konveksi di wilayah Tapanuli Selatan. Industri Kecil dan Menengah merupakan salah satu bentuk usaha yang memproduksi berbagai jenis produk dalam skala kecil dan menengah sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian No .64/M-IND/7/2016. Usaha dengan ukuran kecil dan menengah mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Kegiatan pengabdian ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mendorong kemajuan usaha kecil dan menengah. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat, pelaku usaha dan pegawai di Konveksi Angkola Jaya. Program pengabdian ini dilaksanakan selama 1 hari (25 November 2021). Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan tentang pengaruh media elektronik terhadap pemasaran hasil produksi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan agar dapat menjalankan pemasaran melalui media elektronik untuk memasarkan hasil produk dari  usahanya. Untuk kegiatan pengabdian berikutnya diharapkan dapat memberikan pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan pelaku industri kecil dan menengah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan media digital maka semakin tinggi tingkat penjualannya.

 

Keywords:

digital media, social media, marketing mix, sales

Downloads

Download data is not yet available.

References

Botler, Jay David and Grusin, Richard.
Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 2005.
Pane, E. S. Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika 05, No.
1 (2014): 14.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Penggunaan. 2019. https://kbbi.web.id/guna. (accessed May 21, 2019)
Kotler, P., & Armstrong, G. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo, 1996.
Kotler, P., & Armstrong, G. Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlang

Published

2021-04-30

How to Cite

nasution, nazaruddin, & Azhar, I. N. (2021). Pengaruh Media Elektronik Terhadap Pemasaran Hasil Produksi di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(1), 41–45. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i1.351