Pengaruh Media Elektronik Terhadap Pemasaran Hasil Produksi di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan
DOI:
https://doi.org/10.51933/jpma.v3i1.351Abstract
Salah satu komponen dalam Tridharma Perguruan tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Setiap dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membagikan ilmu yang dimiliki untuk menunjang kemajuan masyarakat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini. Pengaruh Media Elektronik Terhadap Pemasaran Hasil Produksi di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media digital terhadap tingkat penjualan hasil produksi konveksi di wilayah Tapanuli Selatan. Industri Kecil dan Menengah merupakan salah satu bentuk usaha yang memproduksi berbagai jenis produk dalam skala kecil dan menengah sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian No .64/M-IND/7/2016. Usaha dengan ukuran kecil dan menengah mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Kegiatan pengabdian ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mendorong kemajuan usaha kecil dan menengah. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat, pelaku usaha dan pegawai di Konveksi Angkola Jaya. Program pengabdian ini dilaksanakan selama 1 hari (25 November 2021). Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan tentang pengaruh media elektronik terhadap pemasaran hasil produksi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan agar dapat menjalankan pemasaran melalui media elektronik untuk memasarkan hasil produk dari usahanya. Untuk kegiatan pengabdian berikutnya diharapkan dapat memberikan pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan pelaku industri kecil dan menengah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan media digital maka semakin tinggi tingkat penjualannya.
Keywords:
digital media, social media, marketing mix, salesDownloads
References
Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 2005.
Pane, E. S. Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika 05, No.
1 (2014): 14.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Penggunaan. 2019. https://kbbi.web.id/guna. (accessed May 21, 2019)
Kotler, P., & Armstrong, G. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo, 1996.
Kotler, P., & Armstrong, G. Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
Most read articles by the same author(s)
- nazaruddin nasution, Intan Nisa Azhar, Daya Beli Masyarakat Kota Padangsidimpuan Terhadap Produk Koperasi Agrina Parsalakan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 2 (2021): Vol. 3 No. 2 Agustus 2021
- nazaruddin nasution, Mara Bintang Lubis, Upaya Peningkatan Motivasi Wirausaha Bagi Warga Binaan Permasyarakatan Di Lapas Kelas II B Padangsidimpuan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 3 (2023): Vol. 5 No. 3 Desember 2023
- Intan Nisa Azhar, Nazaruddin Nasution, Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Wirausaha Peula di UPTD BLK Kota Padangsidimpuan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 1 (2021): Vol.3 No.1 April 2021
- Ayus Diningsih, Nazaruddin Nasution, PENYULUHAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI SD SWASTA MUHAMMADIYAH DESA PANOBASAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 3 (2022): Vol. 4 No. 3 Desember 2022
- Nazaruddin Nasution, Intan Nisa Azhar, Membangun Mental Entrepreuner Guna Persaingan Bisnis di Bidang Konveksi Pada Pelaku Usaha di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020
- Intan Nisa Azhar, Pelatihan Manajemen Pemasaran Guna Membangun Jejaring Pemasaran di Masa Pandemi Pada Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020