GIZI SEIMBANG PADA SAAT PUASA DAN SOSIALISASI DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID 19 DI DI AREA LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI KESEHATAN DARMAIS PADANGSIDIMPUAN

  • NORMAYANTI RAMBE STIKes DARMAIS PADANGSIDIMPUAN
  • Lisna Khairani Nasution

Abstract

Sekolah Tinggi Kesehatan Darmais Padangsidimpuan sebagai salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan mahaiswa dan dosen dalam upaya sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 selama bulan Ramadhan ini dan juga mahasiswa dapat memanfaatkan pembelajaran online yang merupakan bagian dari partisipasi mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam menyukseskan program pencegahan penyebaran covid pada masyarakat khususnya di Wilayah Kota Padangsidimpuan. Tujuan Pengabdian Kepada masyarakat agar memberian informasi kepada mahasiswa mengenai pengetahuan tentang pentingnya pengolahan makanan seimbang yang di konsumsi selama puasa serta contoh menu yang sesuai dengan porsi baik saat sahur maupun berbuka puasa di masa covid-19 dan upaya pencegahan penyebaran covid-19 di area STIKes Darmais Padangsidimpuan dan wilayah masayarakat di sekitaran kampus. Sosialisasi dilaksanakan dengan menggunakan poster. Populasi dan sampel pengabdian ini adalah mahasiswa STIKes Darmais Padangsidimpuan dengan jumlah 65 orang. Hasil pengabdian masyarakat ini diterima antusias oleh oleh para mahasiswa STIKes Darmais Padangsidimpuan yang terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya seputar informasi mengenai pengetahuan tentang pentingnya pengolahan makanan seimbang yang di konsumsi selama puasa serta contoh menu yang sesuai dengan porsi baik saat sahur maupun berbuka puasa di masa covid-19 dan upaya pencegahan penyebaran covid-19 di area STIKes Darmais Padangsidimpuan serta upaya deteksi, isoloasi dan proteksi Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari. Disarankan kegiatan sosialisasi dalam upaya peningkatan pengetahuan pengolahan makanan seimbang atau gizi seimbang dan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di STIKes Darmais Padangsidimpuan dapat dilakukan secara berkala dengan frekuensi yang lebih sering dan jangkauan penyebaran informasinya juga dapat diperluas kepada keluarga mahasiswa STIKes Darmais Padangsidimpuan secara umum agar setiap orang, keluarga dan masyarakat lebih mengetahui, memahami dan dapat mempraktikkan pengolahan makanan seimbang atau gizi seimbang yang di konsumsi selama puasa serta contoh menu yang sesuai dengan porsi baik saat sahur maupun berbuka puasa dimasa covi19 dan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di STIKes Darmais Padangsidimpuan serta upaya deteksi, isoloasi dan proteksi covid-19 dalam kehidupan sehari-hari yang akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Kata kunci : Makanan seimbang, Pencegahan,  Covid 19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2021
How to Cite
RAMBE, NORMAYANTI; NASUTION, Lisna Khairani. GIZI SEIMBANG PADA SAAT PUASA DAN SOSIALISASI DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID 19 DI DI AREA LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI KESEHATAN DARMAIS PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 104-110, apr. 2021. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/370>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i1.370.