Terapi Bermain Menggambar dan Mewarnai Pada Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Gunung Tua

Authors

  • Febrina Angraini Simamora universitas aufa royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.440

Abstract

Masa usia dini merupakan masa yang sangat penting dalam meningkatkan potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada usia ini. Pada usia prasekolah, kemampuan imajinasi dan belajar seorang anak sangatlah besar. Masa kanak-kanak merupakan lahan yang subur untuk menumbuhkan kreativitas pada anak. Kebiasaan menggambar dan mewarnai akan memberikan manfaat-manfaat yang tidak terduga untuk anak. Pengembangan motorik halus akan melatih anak agar terampil menggunakan tangan dan jari –jemari serta mengkoordinasikan mata dengan seimbang. Kegiatan terapi bermain menggambar dan mewarnai ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia prasekolah sehingga tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan motoric anak dan menghilangkan kecemasan pada anak saat bermain tanpa ditemani orang tuanya. Setelah dilakukan kegiatan terapi bermain menggambar dan mewarnai, peserta tampak bersemangat dan mampu melakukan keterampilan motoric halus sesuai dengan tahap perkembangannya. Peserta juga merasa percaya diri dengan hasil menggambar dan mewarnainya sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan menghilangkan kecemasan pada anak yang bermain tanpa didampingi orang tuanya.

Keywords:

terapi bermain anak, menggambar, mewarnai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustia, A. (2019). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mewarnai Gambar untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 tahun di RA Perwinda I Bandar Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Lestari, R. (2018). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pemberian Tugas pada Anak Usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Al-Kautsar Bandar Lampung. In Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Novita Aryani, Marthalena Simamora, H. S. dan R. K. D. (2018). Terapi Bermain Anak Usia Pra Sekolah Di Ruang Rawat Inap Rindu B 4 Anak Lantai Dasar Rsup H . Adam Malik Medan.
Octaviana, F. A., Pertiwi, T. J., Purnama, G. L., Yoshinta, A., Statistika, J., Alam, P., & Surabaya, N. (2014). Faktor pengaruh gadget terhadap kecerdasan motorik siswa SD melalui regresi logistik ordinal. Prosiding Elektronik (e-Proceeding) PIMNAS Program Kreativitas Mahasiswa- Penelitian (PKM-P) Diirjen DIKTI Kemendikbud RI, 1–5.
Simamora, F. A., Siregar, H. R., Hidayah, A., Batubara, N. S., & Hutasuhut, S. H. (2021). Hubungan peran orang tua dengan tingkat kecemasan anak usia sekolah yang mengalami hospitalisasi. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(1), 14–21.

Published

2021-08-24

How to Cite

Simamora, F. A. (2021). Terapi Bermain Menggambar dan Mewarnai Pada Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Gunung Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(2), 9–13. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.440

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>