PEMENUHAN GIZI PADA ANAK UNTUK MENCEGAH TERKENA PENYAKIT LEUKEMIA DI MADRASAH DINIYAH TAKMALIYAH TILAMRIYAH DESA SINGALI

  • Adi Antoni aufa royhan

Abstract

Leukemia atau kanker darah disebabkan tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Leukemia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Tujuan kegiatan penyuluhan kesehatan dalam pemenuhan gizi pada anak untuk mencegah terkena penyakit leukemia sangat membantu siswa-siswi dalam memperhatikan status gizi yang baik sejak dini. Metode yang dilakukan dalam kegiatan penyuluhan ini dengan cara bersosialisasi langsung kepada siswa-siswi Madrasah Diniyah Takmaliyah Tilamriyah Desa Singali. Kegiatan ini dilakukan selama 1 jam pada Hari Sabtu 27 Maret 2021. Sasaran kegiatan penyuluhan kesehatan ini dilakukan Madrasah Diniyah Takmaliyah Tilamriyah Desa Singali Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan. Jumlah siswa-siswi yang ada di Madrasah ini sekitar 50 orang.metode yang diberikan ini berupa materi tentang pengertian leukimia penyebab terjadinya leukimia dan sumber nutrisi penting bagi penderita leukemia. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan penyuluhan ini adalah peningkatan pengetahuan tentang pemenuhan gizi pada anak untuk mencegah terkena penyakit leukemia. Hasil penyuluhan ini dapat diaplikasikan oleh siswa-siswi Madrasah Diniyah Takmaliyah Tilamriyah Desa Singali dalam pencegahan penyakit leukemia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 24, 2021
How to Cite
ANTONI, Adi. PEMENUHAN GIZI PADA ANAK UNTUK MENCEGAH TERKENA PENYAKIT LEUKEMIA DI MADRASAH DINIYAH TAKMALIYAH TILAMRIYAH DESA SINGALI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 21-24, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/443>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.443.