Penyuluhan PHBS dan Cara Menggosok Gigi yang Benar di TK RA Hasbunah Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu

  • Ratna Dewi Siregar Universitas Aufa Royhan
  • Eki Maryo Harahap

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan yang berkesinambungan karena memiliki dampak yang sangat luas, sehingga perlu penanganan khusus sebelum terlambat. Ketepatan dalam menggosok gigi adalah hal terpenting dalam merawat gigi. Tujuan PKM ini adalah memberi motivasi kepada siswa TK RA Hasbunah tentang pentingnya melakukan PHBS dan Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan metode penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media alat peraga kepada siswa TK RA Hasbunah di desa Joring Natobang berjumlah 25 orang. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini dilanjutkan dengan memberikan evaluasi kedapa siswa yaitu tanya jawab seputar materi PHBS dan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Siswa  dapat menjawab dan menjelaskan dengan baik pertanyaan yang diajukan oleh sipenyuluh. Kegiatan PKM yang dilaksanakan berjalan dengan baiksiswa TK RA Hasbunah  di desa Joring Natobang yang mengikuti terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan.


 


Dental and oral health is one of the health problems that require continuous handling because it has a very broad impact, so it needs special treatment before it's too late. Accuracy in brushing your teeth is the most important thing in taking care of your teeth. The purpose of this PKM is to motivate kindergarten students RA Hasbunah about the importance of doing PHBS and How to Brush Teeth Properly and Correctly. This PKM activity is carried out by health extension method by using the medium of props to kindergarten students RA Hasbunah in Joring Natobang village numbering 25 people. The results of this extension activity are continued by providing an evaluation of how students are question and answer about PHBS material and how to brush their teeth properly and correctly. Students can answer and explain well the questions asked by sipenyuluh. PKM activities that were carried out went well, kindergarten RA Hasbunah in Joring Natobang village who followed looked excited and enthusiastic in participating in the activities.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 25, 2021
How to Cite
SIREGAR, Ratna Dewi; HARAHAP, Eki Maryo. Penyuluhan PHBS dan Cara Menggosok Gigi yang Benar di TK RA Hasbunah Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-36, aug. 2021. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/447>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.447.