IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X DAN XI MA DARUL IKHLAS ABDUL MANAP SIREGAR

  • mina syanti Lubis IPTS

Abstract

 Keterampilan dasar  mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru dan calon guru untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara profesional berdasarkan sepuluh kompetensi guru. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh dosen dan mahamahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan yang bekerjasama dengan MA dan MTs Darul Ikhlas Abdul Manap. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih mahasiswa sebagai calon guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran ini merupakan implementasi dari keterampilan dasar calon guru melalui mata kuliah Microteaching. Kegiatan ini dilakukan untuk  melatih mahasiswa sebagai calon guru untuk menguasai keterampilan membuka pelajaran, menutup pelajaran, menjelaskan, bertanya, penguatan, variasi, diskusi kelompok, dan pengelolaan kelas. Hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa sebagai calon guru mampu menguasai dan menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar. Keterampilan dasar mengajar ini dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan ini memberikan pemahaman, pengalaman dan membantu mahasiswa untuk menjadi guru di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2021
How to Cite
LUBIS, mina syanti. IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X DAN XI MA DARUL IKHLAS ABDUL MANAP SIREGAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 76-85, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/452>. Date accessed: 08 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.452.