PENYULUHAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL KEPADA MASYARAKAT DESA PURBA TUA KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA TAHUN 2021

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL KEPADA MASYARAKAT

  • Elvi Suryani Maryam Latifah Harahap Akademi Kebidanan Darmais Padangsidimpuan

Abstract

Penyakit kelamin adalah penyakit yang penularannya terutama melalui hubungan seksual. Cara hubungan kelamin tidak hanya terbatas secara genito-genital saja, tetapi dapat juga secara ora-genital, atau ano-genital, sehingga kelainan yang timbul akibat penyakit kelamin ini tidak terbatas hanya pada daerah genital saja, tetapi apat juga pada daerah – daerah ekstra genital. Ternyata pada akhir – akhir ini ditemukan berbagai penyakit lain yang juga dapat timbul akibat hubungan seksual dan penemuan ini antara lain disebakan oleh perbaikan sarana dan teknik laboratorium dan penemuan beberapa jenis penyaki secara epidemi seperti herpes genetalis dan hepatitis B.


Oleh karena itu istilah V.D makin lama makin di tinggalkan dan di oerkenalkan istilah Sexually Transmitted Diseases (S.T.D) yang berarti penyakit – penyakit yang dapat di tularkan melalui hubungan kelamin, dan yang termasuk penyakit ini adalah kelima penyakit V.D. tersebut di tambah berbagai lain yang tidak masuk V.D istilah S.T.D. ini diindonesiakan menjadi P.M.S. (Penyakit Menular Seksual), ada pula yang menyebutnya P.H.S. (penyakit hubungan seksual). Sehubungan P.M.S ini sebagian besar di sebabkan oleh infeksi, maka kemudian istilah S.T.D telah di ganti menjadi S.T.I (Sexually Transmitted Infection).


 


 


Kata Kunci: PMS (Penyakit Menular Seksual)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2021
How to Cite
MARYAM LATIFAH HARAHAP, Elvi Suryani. PENYULUHAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL KEPADA MASYARAKAT DESA PURBA TUA KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA TAHUN 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 59-75, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/459>. Date accessed: 08 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.459.