DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA MANUNGGANG JAE KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA TAHUN 2021

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

  • Rahmah Juliani Siregar ]Nurhanifah Siregar Prodi S.1 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Darmais Padangsidimpuan

Abstract

Penyakit kanker di Indonesia dan di dunia merupakan penyakit tidak menular. Menurut data WHO tahun 2013, insiden kanker meningkat dari 12,7 juta kasus tahun 2008 menjadi 14,1 juta kasus tahun 2012. Sedangkan jumlah kematian meningkat dari 7,6 juta orang tahun 2008 menjadi 8,2 juta pada tahun 2012. Kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13 % setelah penyakit kardiovaskular. Diperkirakan pada tahun 2030 insiden kanker dapat mencapai 26 juta orang dan 17 juta diantara nya meninggal akibat kanker, terlebih untuk Negara miskin dan berkembang kejadiannya akan lebih cepat. Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker juga cukup tinggi.Kanker payudara memiliki prevalensi yang cukup tinggi.


Salah satu upaya yang tepat dalam melakukan pendeteksian secara dini terhadap kelainan-kelainan pada payudara terutama kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Pencegahan ini menjadi intervensi deteksi dini yang paling memungkinkan dan memiliki banyak keuntungan diantaranya mudah dan praktis.


Hasil dari kegiatan pengabdian ini di lanjutkan dengan memberikan evaluasi kepada audien. Terdapat 3 pertanyaan yang di berikan kepada peserta dan peserta mampu mengetahui dan mampu menjawab pertanyaan tersebut dan peserta telah bisa melakukan kegiatan pemeriksaan payudara sendiri sebagai cara untuk deteksi awal kanker payudara.Hanya saja ibu masih kesulitan dengan istilah-istilah yang baru bagi mereka.


 


Kata kunci       : Kanker Payudara, Sadari

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2021
How to Cite
]NURHANIFAH SIREGAR, Rahmah Juliani Siregar. DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA MANUNGGANG JAE KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA TAHUN 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 53-58, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/460>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.460.