Daya Beli Masyarakat Kota Padangsidimpuan Terhadap Produk Koperasi Agrina Parsalakan

Authors

  • nazaruddin nasution univwesitas aufa royhan
  • Intan Nisa Azhar

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.466

Abstract

 

Salah satu komponen dalam Tridharma Perguruan tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Setiap dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membagikan ilmu yang dimiliki untuk menunjang kemajuan masyarakat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk.  Meningkatkan “Daya Beli Masyarakat Kota Padangsidimpuan Terhadap Produk Koperasi Agrina Parsalakan”

Kegiatan pengabdian ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mendorong kemajuan usaha kecil dan menengah. Program pengabdian ini dilaksanakan selama 1 hari (5Agustus 2020). Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan bagaimana cara meningkatkan daya beli masyarakat kota Padangsidimpuan terhadap produk Koperasi Agrina Parsalakan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Untuk kegiatan pengabdian berikutnya diharapkan dapat memberikan pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan pelaku industri kecil dan menengah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kwalitas dari hasil produksi semakin tinggi juga daya beli masyarakat terhadap produk dari Koperasi Agrina Parsalakan.

 

 

One of the components in the Tridharma of Higher Education is carrying out community service activities. Every lecturer has an obligation to carry out community service which aims to share the knowledge possessed to support the progress of society. Implementation of community service in this activity. This research aims to. Increasing the "Purchasing Power of the People of Padangsidimpuan City towards Agrina Parsalakan Cooperative Products"

This service activity is also in line with government programs that encourage the progress of small and medium enterprises. This service program is carried out for 1 day (August 5, 2020). The method used is to provide training on how to increase the purchasing power of the people of the city of Padangsidimpuan towards the products of the Agrina Parsalakan Cooperative. The results of this service showed that the participants were very enthusiastic in participating in the training. For the next service activity, it is expected to provide continuous training to improve the ability of small and medium industry players in carrying out financial management. It can be concluded that the higher the quality of the production, the higher the purchasing power of the people towards the products of the Agrina Parsalakan Cooperative.

 

 

Keywords:

Produk, Kwalitas , Strategi Dan Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengertian toko. (https://kbbi.web.id/toko )

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka
Cipta. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.
Dasar-dasar Pemasaran; Principles of Marketing 7e.]Prenhallindo. Jakarta

Kusnadi, Marwan dan Kadarisman, Sumeidi. 2004.

Pengantar Bisnis dan Wirausaha. Taroda.
Malang Simamora.2002.

Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Siregar, Syofian. 2014.

Strategi Pemasaran; Edisi III. CV Andi Offset. Yogyakarta

Undang-Undang Republik Indonesia No.18 Tahun 2012. (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU18- Harimurti Subanar, 2001, Manajemen Usaha Kecil, BPFE, Yogyakarta.

Hubeis, M. 1997. ”Manajemen Industri Kecil Profesional di Era Globalisasi Melalui Pemberdayaan Manajemen Industri”. Orasi Ilmiah. Institut Pertanian Bogor.

Longenecker, Justin G., et al., 2001, Kewirausahaan : Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat, Jakarta.

R. Maryatmo dan Y. Sri Susilo, 1996, Dari Masalah Usaha Kecil sampai Masalah Ekonomi Makro, Univ Atmajaya, Yogyakarta.

Wasty Soemanto, 1992, Pendidikan Wiraswasta, Bumi Aksara, Jakarta.

http://retnashizukana.blogspot.com/2010/06/kata-pengantar-puji-syukur-saya.html, diakses tanggal 3 September 2010.

Published

2021-08-31

How to Cite

nasution, nazaruddin, & Azhar, I. N. (2021). Daya Beli Masyarakat Kota Padangsidimpuan Terhadap Produk Koperasi Agrina Parsalakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(2), 121–128. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.466