PENYULUHAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS PADA LANSIA DI DESA SIMATOHIR KECAMATAN KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU TAHUN 2021

  • nur aliyah rangkuti Universitas Aufa Royhan

Abstract

Menua merupakan masa perubahan yang dialami individu baik fisik maupun psikologi akibat penurunan fungsi tubuh. Hal ini akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di usia lanjut. Sehingga memerlukan pemeliharaan yang berbeda dengan usia anak-anak, remaja, maupun dewasa yang membutuhkan dukungan dari orang di sekitarnya. Pengobatan gratis ini dilakukan di desa desa simatohir kecamatan kecamatan padangsidimpuan angkola julu. Pengobatan yang dilakukan berupa pengukuran tekanan darah, cek kolestrol, cek asam urat dan cek gula darah selain itu di sampaikan juga bagaimana pola hidup sehat pada lansia. Kegiatan penyuluhan ini berlangsung selama 120 menit ini dilaksanakan di desa desa simatohir kecamatan kecamatan padangsidimpuan angkola julu. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memriksakan kesehatan masyarakat terutama lansia. Penyuluhan berupa presentase, pemberian poster, melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti mengukur tekanan darah, cek gula darah, cek kolestrol dan cek asam urat. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 43 orang. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini lansia sadar akan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan terutama pengukuran tekanan darah, cek gula darah, cek kolestrol dan cek asam urat. Dari hasil kegiatan di dapatkan bahwa sebelum melakukan penyuluhan beberapa lansia ingin memeriksakan kesehatan tetapi kareja jarak dari desa ke fasilitas pelayanan jauh para lansia tersebut hanya minum obat di warung untuk mengurasi rasa sakit. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan berjalan dengan baik, kegiatan ini dilaksanakan di desa simatohir yang berada wilayah kerja Puskesmas Pokenjior. Diharapkan kepada masyarakat terutama lansia sudah mengetahui manfaat dari kegaiatan dilakukannya pemeriksaan kesehatan dan akan melakukan kunjungan serta pemeriksaan kesehatan pada bulan berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 31, 2021
How to Cite
RANGKUTI, nur aliyah. PENYULUHAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS PADA LANSIA DI DESA SIMATOHIR KECAMATAN KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU TAHUN 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 129-133, aug. 2021. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/467>. Date accessed: 19 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i2.467.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>