Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) Terpadu pada ibu hamil Di Dukuh Igir Pandan Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

  • Himatul Khoeroh AKBID KH.PUTRA BREBES

Abstract

Antenatal Care adalah istilah kesehatan yang mengacu pada program pelayanan kesehatan ibu hamil. Tujuan dilakukan kegiatan Antenatal Care berguna untuk mendeteksi dini terjadinya resiko tinggi terhadap kehamilan dan persalinan juga dapat menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI). Standar pelayanan Antenatal Care sedikitnya enam kali kunjungan selama periode antenatal yaitu satu kali kunjungan selama terimester I,satu kali selama trimester II dan dua kali selama trimester III, serta dua kali kunjungan ke spesialis kandungan pada trimester I dan III. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara bertahap. Tahapan yang dilakukan meliputi penjaringan ibu hamil. Bersama kader, bidan desa meregistrasi semua ibu hamil terutama trimester II dan trimester III, Kemudian direncanakan untuk pemeriksaan ibu hamil dimulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik secara head to too, serta pemeriksaan laboratorium dan terahir pemberian pendidikan kesehatan sesuai dengan masalah yang ditemukan. Hasil dari kegiatan Antenatal Care semua ibu hamil yang berjumlah 35 dalam batas normal baik pada pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan laborat, hanya ada satu ibu hamil Ny. N dalam pantauan berkelanjutan dibawah naungan Puskesmas Winduaji karena tes laborat HIV positif dan tenaga kesehatan merekomendasikan untuk bersalin di Rumah Sakit.
Kata kunci : Antenatal Care, Ibu Hamil

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 6, 2021
How to Cite
KHOEROH, Himatul. Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) Terpadu pada ibu hamil Di Dukuh Igir Pandan Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1-5, dec. 2021. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/478>. Date accessed: 29 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v3i3.478.