PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DESA HILINIFAOSO MELALUI PENGOLAHAN ANYAMAN DAUN PANDAN MENJADI ASESORIES (KIPAS, TOPI TREND, TEMPAT TISU DAN KOTAK MAKANAN) SERTA KOMODITAS KEARIFAN LOKAL (BOLA-BOLA NAFO) TAHUN 2021

  • Walsyukurniat Zendrato STKIP Nias Selatan

Abstract

Desa hilinifaoso merupakan salah satu desa tertinggal yang terdapat di Kab. Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Akses jalan untuk menempuh wilayah ini dari kota kecamatan banyak jalan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan tidak jarang masyarakat yang mengalami kecelakaan apabila berkunjung ke kota kecamatan dan kota Kabupaten. Salah  satu hasil alam yang dapat dikelola dan banyak terdapat di desa Hilinifaoso adalah daun pandan. Selama ini hanya beberapa keluarga yang memiliki kreatifitas untuk mengelola daun pandan ini menjadi tikar dan topi petani (seubagoa) itupun banyak hasilnya yang tidak dijual akan tetapi di produksi untuk kebutuhan sendiri atau dibagikan kepada tetangga atau sanak keluarga. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh tim PHP2D mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nias Selatan di desa Hilinifaoso, umumnya masyarakat tidak ada pengetahuan untuk mengelola daun pandan menjadi sumberdaya ekonomi, adanya ketidakberanian menanggung resiko apabila tidak laku, desa tidak memberikan informasi jika penting peningkatan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Dari kegiatan yang dilakukan Tim PHP2D Pendidikan Ekonomi  di Desa Hilinfaoso, adanya ketertarikan tim Penggerak PKK dan Kelompok Pemuda untuk mengelola daun pandan menjadi Kipas, Topi Trend, tempat tisu, Kotak makanan dan komoditas kearifan local Bola-bola Nafo. Terkait dengan pemasaran, melalui kepala Desa bersedia menampung produk untuk dipasarkan di kota gunungsitoli dan juga di pekan2. Selain itu masyarakat juga menjual produk jika berkunjung ke kota kabupaten dimana ada rumah kreatif yang siap emnampung hasil kerajinan tangan masyarakat. Dari kegiatan ini diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan ekonomi kreatif masyarakat dapat meningkatkan perekonomian masyarkaakat desa bawonifaoso, Kec. Ulususua, Kab. Nias Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 10, 2021
How to Cite
ZENDRATO, Walsyukurniat. PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DESA HILINIFAOSO MELALUI PENGOLAHAN ANYAMAN DAUN PANDAN MENJADI ASESORIES (KIPAS, TOPI TREND, TEMPAT TISU DAN KOTAK MAKANAN) SERTA KOMODITAS KEARIFAN LOKAL (BOLA-BOLA NAFO) TAHUN 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 3, n. 3, p. 18-24, dec. 2021. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/485>. Date accessed: 29 may 2024.