MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI FISHBOWL DI SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.51933/jpma.v3i3.516Abstract
Para siswa seharusnya memiliki kemampuan berbicara dalam Bahasa inggris sebagai kemampuan yang dapat digunakan nantinya baik di sekolah maupun di masyarakat banyak, mengingat Bahasa inggris merupakan Bahasa internasioanl. Namun ada beberapa hambatan yang menjadikan para siswa mengalami kesulitan dalam melakukan kemampuan berbicara seperti mereka tidak pernah berlatih, tidak percaya diri, takut membuat kesalahan dan tidak memiliki ide dalam menyampaikan apa yang akan dibicarakan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemampuan belajar para siswa adalah dengan memberikan motovasi. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memotivasi pembelajaran siswa. Salah satunya dengan memberikan teknik, strategi ataupun pendekatan untuk menarik perhatian siswa. Selain itu dengan memberikan motivasi akan membantu para siswa untuk konsentrasi dalam melakukan aktivitas belajar. Adapun dalam pengabdian masyarakat ini, untuk membuat suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan serta membuat siswa termotivasi, penulis menerapkan sebuah strategi yaitu dengan menggunakan strategi dalam pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan strategi fishbowl. Metode Fish Bowl merupakan salah satu metode diskusi kelompok. Pelaksanaan PKM di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan terlaksana dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik. Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi SMP Negeri 7 Padangsidimpuan dan dibantu beberapa orang guru. Seluruh peserta semangat dan antusias ketika diminta untuk melaksankan pembeljaran dengan strategi fishbowl. Selain itu beberapa guru juga akan melakukan strategi fishbowl untuk pembelajaran kedepannya nanti.
Keywords:
motivasi, strategi fishbowl, pembelajaranDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.