Penyuluhan Kontrsepsi IUD Kepada Pasangan Usia subur (PUS) di Desa Sigumuri Tahun 2020

Authors

  • Ita Arbaiyah Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v3i3.526

Abstract

Kontrasepsi adalah upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan, upaya tersebut dapat bersifat sementara, dapat pula bersifat permanen. Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dinilai lebih efektif dalam mencegah kehamilan. Intra Uterine Device (IUD) termasuk dalam kelompok MKJP. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini agar pasangan usia  subur  dapat meningkatkan  pengetahuan tentang  alat kontrasepsi  IUD  sebagai proteksi pencegahan kehamilan. Kegiatan ini telah dilaksankan pada hari Rabu tanggal 18 November 2020. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan dengan metode ceramah dan leaflet. Hasil pengabdian masyarakat ini diterima antusias oleh peserta yang  terlihat  dari banyaknya pasangan yang bertanya seputar materi yang telah diberikan. Disarankan kegiatan penyuluhan dilaksanakan berkala dengan frekuensi lebih sering dan jangkauan penyebaran informasinya juga dapat diperluas kepada keluarga secara umum  agar setiap  orang, keluarga dan masyarakat lebih mengetahui, memahami tentang tentang dampak pernikahan dini khususnya terhadap kesehatan reproduksi wanita sehingga pengetahuan masyarakat khususnya remaja lebih baik.

 

Keywords:

Pernikahan dini, kesehatan reproduksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A. (2018). Hubungan pemakaian alat kontrasepsi suntik dengan perubahan siklus menstruasi pada akseptor kb di klinik nurjaimah kecamatan gebang kabupaten langkat tahun 2016. Jurnal Keperawatan Priority, 1(1).
Arini, R. D. (2015). Hubungan antara dukungan suami dan pengetahuan ibu dengan pemilihan alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) di puskesmas Polokarto Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Asria, W., & Nurullita, U. (2013). Gambaran pola menstruasi pada akseptori intra uterin device (iud) di wilayah kerja puskesmas kedungmundu semarang. Jurnal Keperawatan Maternitas, 1(1).
Hujair, A.S. (2009). Media pembelajaran . Yogyakarta: Safitria Insania Press.
Priyani, E.S., (2015). pengaruh penyuluhan media powerpoint dan mediavideo terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kontrasepsi iud pasca plasenta di puskesmas kasihani bantul. Yogyakarta: Stikes Aisyah
Sirait, R. W. (2011). Hubungan antara jumlah paritas dengan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim di RSUD DR. Pirngadi Medan.
Trimuriani, L., & Widyaningsih, H. (2017). Hubungan dukungan suami dengan tingkat kepuasan pengguna kontrasepsi suntik di desa bulungcangkring jekulo kudus. Prosiding HEFA (Health Events for All), 1(1)
WHO. (2013). Global Atlas On Cardiovascular Disease Prevention And Control. Surya. Geneva.

Published

2021-12-27

How to Cite

Arbaiyah, I. (2021). Penyuluhan Kontrsepsi IUD Kepada Pasangan Usia subur (PUS) di Desa Sigumuri Tahun 2020. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(3), 144–147. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i3.526