STRATEGI PEMASARAN KUE BIKA SEBAGAI KUE KHAS MAGA PADA UMKM KELURAHAN PASAR MAGA

Bika Strategi Pemasaran

Authors

  • nur - laila Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v3i3.560

Abstract

Kabupaten Mandailing Natal memiliki 24 Kecamatan yang terdiridari 27 Kelurahan dan 407 desa, yang salah satunya Kelurahan yaitu Pasar maga. Di Kelurahan Pasar Maga memiliki makanan khas tradisional yang memiliki rasa yang enak. Makanan tradisonal tersebut bernama Bika Bakar. Untuk pembuatan bika cukuplah unik karena menggunkan sabut kelapa. Jika di Medan Kita mengenal Bika Ambon maka di Kelurahan Pasar Maga terdapat Bika Bakar. Bika Bakar terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan pisang, gula merah dan parutan kelapa. Dalam proses memasak menggunakan bakan bakar arang atau serabut kelapa, penggunaaan serabut kelapa dan arang agar bika lebih mengembang. Bika bakar yang tidak mengembang sempurna akan kelihatan kurang menarik dan rasanya juga berkurang. Makanan tradisional in itidak kalah enak dengan makanan yang lain, akan tetapi disini masih dibutuhkan bagaimana strategi pemasaran dalam mempromosikan Bika bakar ini agar lebih dikenal di masyarakat luas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan strategi pemasaran melalui promosi dengan menggunkan media social baikdi Facebook, Instagram, Whatsaap, bergabung di group jual beli dan menjalin kerja sama dengan tok-toko yang ada disekitar. Adapun tujuannya yaitu untuk dapat meningkatkan penjualan,lebih dikenal di masyarakat dan meningkatkakan penghasilan wilayah setempat. Metode yang digunakan yaitu diawali dengan program pelatihan-pelatihan. Sebelum dilakukanpelatihan terlebih dahulu dilakukan diskusi, evaluasi, dan analisisi situasi dengan para anggota mitra untuk mengetahui permasalahan utama yang sedang dihadapi, khususnya terkait dengan keberlanjutan usaha dan strategi pemasaran. Setelah menganalisis permasalahan, dilakukan pelatihan untuk menjawab dan memperbaiki kebutuhan–kebutuhan yang sudah dirumuskan dalam bentuk pelatihan perencanaan bisnis. Hasil dari kegiatan ini pengusaha kuliner Bika Bakar mendapatkan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang strategi pemasaran, menemukan solusi dalam meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran dan pelatihan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informatika sebagaisarana untuk meajukan usaha dalam meningkatkan penjualan.

Keywords:

Bika, Strategi, Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Desi dan Dwiyanto, B.M. 2013. Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Kecil Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat). Diponegoro Journal of Management 2(3):1-10.
Direktorat Pmbinaan SMK.2013. Strategi Pemasaran I. Kementerian Pendidikan danKebuadayaan. Depok.
Larasati, B.H. 2011. Analisis Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Kualitas Daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKN) Studi pada UMKMmitra binaan IPB. Skripsi UT communication and Community Development. Diunduh dari epository.ipb.ac.id/handle/12345678/4733 tanggal 17 Desember 2021.
Melati, Karima rima.2017. Perencanaandan Implementasi Perencanaan Bisnis. Indonesia Journal of Community Engagement. Vol.02., Maret 2017.
M.P, Shinta agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UB Press). Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia. Malang.
Sitorus dan Utami. 2017. Strategi Promosi Pemasaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Jakarta.
Yulianti.Dkk. 2019. Manajemen Pemasaran. Cv. Budi Utama, Banjarmasin.

Published

2021-12-27

How to Cite

laila, nur .-. (2021). STRATEGI PEMASARAN KUE BIKA SEBAGAI KUE KHAS MAGA PADA UMKM KELURAHAN PASAR MAGA: Bika Strategi Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(3), 127–132. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i3.560