PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA LANSIA DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2022

  • Rika Appripan Akademi Kebidanan Sentral

Abstract

Proses menua pada lansia sebenarnya merupakan proses alami yang terjadi dalam tubuh, dan berjalan perlahan tapi pasti. Pada proses tersebut terjadi penurunan fungsi tubuh baik secara anatomis, fisiologis maupun biokemis. Setiap orang menginginkan hidup sehat termasuk Lansia. Untuk mencapai kesehatan salah satunya dengan berperilaku hidup sehat dan mengkonsumsi gizi adekuat. Untuk membantu mewujudkan lansia hidup sehat sampai di akhir maka dilakukan penyuluhan kesehatan dan gizi.
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar lansia dapat meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat, mampu berbuat sehat tanpa merepotkan anggota keluarganya. Serta dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan lansia dalam mengatasi keluhan kesehatan. Bahan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini brosur. Dengan metode pemberian konseling terhadap lansia, kemudian pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.
Dengan Pengabdian ini para lansia lebih paham manfaat pelaksanaan penyuluhan agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Diharapkan kepada Bidan Desa untuk mengaktifkan program terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 19, 2022
How to Cite
APPRIPAN, Rika. PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA LANSIA DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-45, apr. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/732>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i1.732.