PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA WANITA MENOPAUSE DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2022

  • Dewi Arjuna Putri Pan Harahap Akademi Kebidanan Sentral Padang Sidempuan

Abstract

Sebagian besar wanita di Indonesia tidak mengetahui dampak yang
bisa timbul saat akan memasuki masa menopause. Ketidaktahuan itu didasari
pandangan yang menganggap menopause itu gejala alami. Padahal saat
memasuki masa tidak haid itu lagi, perempuan mengalami gejala-gejala
seperti gejolak panas (hot flushes) dan keringat pada malam hari, kelelahan,
insomnia, kekeringan kulit dan rambut, sakit dan nyeri pada persendian, sakit
kepala, palpitasi (denyut jantung cepat dan tidak teratur), dan berat badan
bertambah.


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar wanita menopause dapat meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat, mampu berbuat sehattanpa merepotkan keluarganya. Serta dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan wanita menopause dalam mengatasi keluhan kesehatan. Bahan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini brosur. Dengan metode pemberian konseling terhadap wanita menopause, kemudian pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.


Dengan Pengabdian ini para wanita menopause lebih paham manfaat pelaksanaan penyuluhan agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Diharapkan kepada Bidan Desa untuk mengaktifkan program terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pada wanita menopause.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 19, 2022
How to Cite
HARAHAP, Dewi Arjuna Putri Pan. PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA WANITA MENOPAUSE DI DESA PANGARIBUAN KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 63-69, apr. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/744>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i1.744.