Normayanti Rambe, Lisna Khairani PENYULUHAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG KAWASAN ASAP ROKOK DI HUTA HOLBUNG KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS KABUPATEN TAPANULI SELATAN

PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG KAWASAN ASAP ROKOK

  • NORMAYANTI RAMBE Prodi S.1 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Darmais Padangsidimpuan

Abstract

Penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) telah diupayakan oleh berbagai pihak baik lembaga/instansi pemerintah maupun swasta dan masyarakat. Namun pada kenyataannya upaya yang telah dilakukan tersebut jauh lebih tertinggal dibandingkan dengan penjualan, periklanan/promosi dan atau penggunaan rokok itu sendiri. Indonesia memduduki peringkat ke-3 dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah China dan India. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini agar masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan dapat mengetahui kawasan mana saja yang harus bebas terhadap penggunaan rokok, diharapkan dengan berhenti merokok dapat membuat perubahan yang besar pada kesehatan dan gaya hidup, diharapkan dengan berhentinya merokok maka akan terlihat lebih muda, terhindar dari stress, meningkatkan kesuburan, terhindar dari penyakit yang mematikan dan memiliki keluarga yang sehat. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Huta Holbung. Populasi dan sampel pengabdian ini adalah masayarakat sebanyak 25 orang. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan cara penyuluhan tentang bagaimana menjalankan pola hidup sehat tanpa merokok, bagaimana keluarga dan masyarakat menjalankan pola hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya yang disebabkan oleh rokok, baik itu perokok aktif maupun pasif. Hasil pengabdian masyarakat ini diterima antusias oleh peserta yang terlihat dari banyaknya masyarakat yang bertanya seputar informasi bahaya asap rokok. Disarankan agar kegiatan penyuluhan tentang peningkatan pengetahuan masyarakart tentang bahaya merokok dan asap rokok serta diharapkan dapat berhenti merokok maka dapat menghindarkan orang yang dicintai dari penyakit akibat menjadi perokok pasif dan menghemat uang, dapat mengajak sesama teman yang merokok untuk dapat berhenti, dengan demikian saling mendukung hingga lepas dari rokok, membuat tubuh menjadi sehat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2022
How to Cite
RAMBE, NORMAYANTI. Normayanti Rambe, Lisna Khairani PENYULUHAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG KAWASAN ASAP ROKOK DI HUTA HOLBUNG KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 113-116, apr. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/754>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i1.754.