Pijat Okitosin MANFAAT GERAKAN PIJAT OKSITOSIN PADA IBU HAMIL SAAT PROSES MEMBERIAN ASI ESKLUSIF DI USIA 0-6 BULAN APABILA PROSES PEMBERIAN ASI MENGALAMI PERMASALAHAN DI DESA MANUNGGANG JAE KECAMATAN PADANG SIDEMPUAN TENGGARA TAHUN 2022

Manfaat gerakan pijat oksitosin membantu proses pengeluaran hormon oksitosin pada ibu hamil trimester ke tiga sampai persalinan dan memberikan asi esklusi dari 0 sampai 6 bulan sedangngkan pada ibu menyusui untuk merileksasikan otot – otot tubuh ibu menyusui dengan mengurangi tingkat masalah dalam proses menyusu

  • Fauziah gusvita syarah Akademi Kebidanan Sentral Padang Sidempuann

Abstract

Manfaat gerakan pijat oksitosin membantu proses pengeluaran hormon oksitosin pada ibu hamil trimester ke tiga sampai persalinan dan memberikan asi esklusi dari 0 sampai 6 bulan sedangngkan pada ibu menyusui untuk merileksasikan otot – otot tubuh ibu menyusui dengan mengurangi tingkat masalah dalam proses menyusu. Ketika ibu hamil bahagia maka hasil yang di keluarkan pada tubuh ibu juga lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi terjadi permasalahan – permasalahan  mengenai pemberian ASI dan norma sosial yang tidak mendukung menyusui kemudian praktik pemberian asupan bayi yang masih mengikuti cara lama , serta agresifnya promosi formula di masyarakat. Kerjasama dari berbagai pihak di masyarakat akan dapat membantu melindungi dan mendukung semua keluarga untuk menyusui.
Desain pengabdian masyarakat  ini menggunakan tehnik wawancara, pelaksanan kegiatan gerakaan pijat okitosin dengan mengevaluasi hasil pelaksanaan ini sebanyak 10 ibu hamil di Desa Manunggang Jae kecamatan padang sidempuan tenggara kota padang sidempuan. Hasil pengabidan masyarakat ini  menunjukan Dari total 10 ibu hamil hasil sudah mengetahui gerakkan pijat oksitosin dan manfaat dalam pemijatan oksitosin.
Dari hasil musyawarah  dengan masyarakat telah melaksanakan kegiatan dan ibu hamil beserta ibu bapak sudah mengerti manfaat pijat oksitosin dan kepada seluruh ibu desa manunggang jae tidak ada lagi bayi yang mengalami gizi buruk dan ibu menangani masalah pemberian ASI Esklusif dengan cara Pijat Oksitosi dengan baik. Semua tenaga kesehatan penyedia layanan kesehatan ibu dan anak harus mendapat pelatihan yang memadai mengenai konseling menyusui, kode internasional, dan konflik kepentingan. membangun jaringan yang kuat dalam sistem kesehatan yang melibatkan tenaga kesehatan komunitas dan berbagai kelompok pendukung akan membantu menciptakan dukungan menyusui bagi bayi dan keluarganya pada 1000 hari pertama. Menyusui harus dilihat dari pendekatan aspek kesehatan masyarakat, dimana pemerintahan dan seluruh pemangku kepentingan harus bekerjasama menciptakan lingkungan rama menyusui di berbagai sektor untuk melindungi dan mendukung asi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 31, 2022
How to Cite
SYARAH, Fauziah gusvita. Pijat Okitosin MANFAAT GERAKAN PIJAT OKSITOSIN PADA IBU HAMIL SAAT PROSES MEMBERIAN ASI ESKLUSIF DI USIA 0-6 BULAN APABILA PROSES PEMBERIAN ASI MENGALAMI PERMASALAHAN DI DESA MANUNGGANG JAE KECAMATAN PADANG SIDEMPUAN TENGGARA TAHUN 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 45-52, aug. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/839>. Date accessed: 03 oct. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i2.839.