Penyuluhan Kesehatan Tentang Upaya Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada Masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan Tahun 2021

  • Delfi Ramadhini Universitas Aufa Royhan
  • Nefonavratilova Ritonga

Abstract

COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan corona virus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona. Virus ini sudah menjadi pandemi di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang juga memasuki masa kedaruratan kesehatan masyarakat dan atau bencana nasional.  Salah satu upaya untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan pada masa pandemi ini adalah dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga. Tanaman Obat Keluarga adalah tanaman yang berkhasiat yang ditanam dilahan pekarangan yang dikelola keluarga ditanam dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan itu sendiri. Tujuan PKM ini adalah memberi motivasi kepada masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan tentang pentingnya upaya pencegahan corona virus disease 2019 (Covid-19) melalui tanaman obat keluarga. Kegiatan PKM dilakukan dengan metode penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media slide show powerpoint kepada masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan berjumlah 20 orang. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini di lanjutkan dengan memberikan evaluasi kepada masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yaitu tanya-jawab seputar materi yang diberikan. Ada beberapa pertanyaan yang diberikan oleh penyuluh kepada masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Berdasarkan jawaban yang diberikan menunjukkan bahwa masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan paham dengan materi yang diberikan oleh penyuluh. Kegiatan PKM yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang mengikuti kegiatan telihat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi covid 19 ini dengan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 31, 2022
How to Cite
RAMADHINI, Delfi; RITONGA, Nefonavratilova. Penyuluhan Kesehatan Tentang Upaya Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada Masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 40-44, aug. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/841>. Date accessed: 03 oct. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i2.841.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>