Pendampingan Pembuatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Edukasi Pengolahan Tanaman Obat yang Telah Ditanam pada Areal Hutan Kemasyarakatan (HKm) KTH Buntu Lumu Lestari

  • Adrayanti Sabar Universitas Hasanuddin
  • Kadek Ardayanti Universitas Hasanuddin

Abstract

Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah hutan kemasyarakatan (HKm) KTH Buntu Lumu Lestari belum memiliki tanaman obat keluarga (TOGA), padahal keberadaan TOGA sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya pembuatan tanaman obat keluarga (TOGA), dan tanaman berkhasiat obat yang dapat ditanam di halaman rumah, serta dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan keluarga. Bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah tanaman obat seperti jahe, kunyit, kencur, lidah buaya, dan sosor bebek. Pembuatan tanaman obat keluarga (TOGA) dilakukan di halaman sekretariat kelompok tani hutan (KTH) Buntu Lumu Lestari di Dusun Mess, Desa Lauwo, Kecamatan Burau bersama masyarakat, dan memberikan edukasi cara pengolahan tanaman obat seperti jahe, kunyit, kencur, lidah buaya, dan sosor bebek kepada masyarakat, serta mempraktekkan contoh cara pengolahan jahe sebagai obat batuk kepada masyarakat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya TOGA yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, dan masyarakat menjadi tahu pentingnya membuat tanaman obat keluarga (TOGA), serta masyarakat menjadi tahu tanaman obat yang dapat ditanam di halaman rumah yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 13, 2022
How to Cite
SABAR, Adrayanti; ARDAYANTI, Kadek. Pendampingan Pembuatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Edukasi Pengolahan Tanaman Obat yang Telah Ditanam pada Areal Hutan Kemasyarakatan (HKm) KTH Buntu Lumu Lestari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 30 - 34, dec. 2022. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/878>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i3.878.