Edukasi dan Praktik Prenatal Yoga pada ibu Hamil

Edukasi dan Praktik Prental Yoga dalam mengurangi keluhan fisik pada ibu di desa Manunggangang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Utara

  • Syera Mahyuni Harahap Akademi Kebidanan Sentral

Abstract

Edukasi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebiajakan publik yang berwawasan kesehatan. Kegiatan promosi kesehatan yang diselenggarakan mencakup diantaranya penyebarluasan informasi termasuk penyuluhan kesehatan.
Kehamilan merupakan masa terindah bagi seorang wanita, tapi pada saat yang sama juga menakutkan dan kerap membawa banyak pertanyaan, terutama bagi yang baru pertama kali mengandung. Masa ni menjadi perhatian penuh calon ibu dan keluarga. Masa kehamilan akan diiringi perubahan tubuh dan keluhan keluhan yang dapat menggangu aktivitas, seperti nyeri, sesaknafas dan stres.
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang Prenal Yoga serta bagaimana cara melakukan Praktik Prenatal Yoga dengan benar.
Bahan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini brosur atau selebaran yang berisi gerakan - gerakan melakukan Praktik Prenatal Yoga.
Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan ceramah untuk memberikan teori tentang Prenatal Yoga dan mempraktikkan gerakan gerakan Prenatal Yoga. Dengan Pengabdian ini ibu ibu hamil lebih paham manfaat Prenatal Yoga untuk mengurangi keluhan fisik yang mereka alami.
Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para ibu memahami dan mampu mempraktikkan gerakan - gerkan Prenal Yoga sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan. Evaluasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melakukan redemonstrasi para peserta secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2022
How to Cite
HARAHAP, Syera Mahyuni. Edukasi dan Praktik Prenatal Yoga pada ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 79 - 83, dec. 2022. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/892>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i3.892.