Pembuatan Permen Jahe Untuk Mengurangi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Di Klinik Bersalin Bersama Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2022

  • Riska Yanti STIKes Paluta

Abstract

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh ibu, maka akan muncul berbagai macam ketidaknyamanan secara fisiologis pada ibu misalnya mual muntah, biasanya bersifat ringan dan merupakan kondisi yang dapat dikontrol sesuai dengan kondisi ibu. Kondisi tersebut kadang berhenti pada trimester pertama, namun pengaruhnya dapat menimbulkan gangguan nutrisi, dehidrasi, kelemahan, penurunan berat badan, dan ketidakseimbangan elektrolit, bila tidak ditangani maka akan bertambah berat menjadi Hiperemesis Gravidarum. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan permen jahe  untuk mengurangi frekuensi mual muntah pada ibu hamil trimester pertama di Klinik Bersalin Bersama.Dapat disimpulkan bahwa pemberian permen jahe efektif dalam penurunan mual muntah pada ibu hamil trimester pertama. Diharapkan  kepada masyarakat dapat mengurangi penggunaan obat non farmakologi untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil trimester pertama dan berkolaborasi dengan jurusan farmasi untuk memudahkan dalam proses pembuatan dan menghasilkan permen jahe yang berkualitas baik.


 


Kata kunci: Permen Jahe, mual muntah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 13, 2022
How to Cite
YANTI, Riska. Pembuatan Permen Jahe Untuk Mengurangi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Di Klinik Bersalin Bersama Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 35 - 38, dec. 2022. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/907>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i3.907.