Wanita Usia Subur PENYULUHAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR DALAM PEMILIHAN KONTRASEPSI IUD

MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR DALAM PEMILIHAN KONTRASEPSI IUD

  • Putri Hilwati Muri STIKes Adila Bandar Lampung
  • Adhesty Novita Xanda STIKes Adila Bandar Lampung
  • Dita Selvia Aditia STIKes Adila Bandar Lampung
  • Iin Wahyuni Universitas Aufa Royhan

Abstract

Kontrasepsi itu sendiri berasal dari kata ”kontra” yang berarti mencegah atau melawan, sedangkan konsepsi adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan, maksud dari kontrasepsi adalah menghindari/ mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara 3 sel telur matang dengan sel sperma tersebut (BKKBN, 2009). Banyak metode dan alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan maupun melindungi diri dari penyakit menular seksual, tentunya setiap metode maupun alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing–masing (Candra, 2015). Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi alat kontrasepsi IUD kepada wanita usia subur dalam mengunakan alat kontrasepsi jangka panjang. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi. Bahan yang digunakan yaitu materi penyuluhan. Peserta kegiatan adalah Wanita usia subur. Saat kegiatan berlangsung peserta terlihat antusias terlihat dari sesi diskusi dan peserta mengikuti gerakan ketika dilakukan demonstrasi. Peserta mengetahui cara mengatasi nyeri menstruasi. Peserta perlu mendapatkan pengetahuan dan pendidikan kesehatan tentang bagaimana pengunaan alat kontrasepsi IUD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2023
How to Cite
MURI, Putri Hilwati et al. Wanita Usia Subur PENYULUHAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR DALAM PEMILIHAN KONTRASEPSI IUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 130 - 133, apr. 2023. ISSN 2715-0178. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/979>. Date accessed: 21 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v5i1.979.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>