Demonstrasi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Desa Labuhan Rasoki Kota Padangsidimpuan

  • Nanda Masraini Daulay Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan
  • Febrina Angraini Simamora Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan

Abstract

Kasus hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Labuhan Rasoki relatif besar jumlahnya terutama pada penderita lansia. Para penderita hipertensi kebanyakan hanya mengkonsumsi obat–obatan dan menghindari makanan asin saja untuk menurunkan tekanan darah, sedangkan tindakan pemberian terapi rendam kaki air hangat belum pernah dilakukan perubahan tekanan darah. Tim PKM berinisiatif utk melakukan demonstrasi terapi rendam kaki menggunakan air hangat dengan tujuan menurunkan tekanan darah masayarakat penderita hipertensi serta melatih masyarakat dalam menurunkan tekanan darah dengan cara non-farmakologi secara mandiri di rumah. Kegiatan berupa demonstrasi rendam kaki dengan air hangat dan memberikan leaflet tentang terapi komplementer untuk penderita hipertensi. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 28 orang. Hasilnya didapatkan dari 28 orang yang dilakukan rendam kaki menggunakakan air hangat, terdapat 20 orang yang mengalami penurunan tekanan darah. Masyarakat terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan dan memberikan feedback. Masyarakat mampu mempraktikkan rendam kaki menggunakan air hangat dalam menurunkan tekanan darah. PKM tentang demonstrasi terapi non-farmakologi untuk menurunkan tekanan darah dapat dilaksanakan secara rutin dengan jenis terapi komplementer yang berbeda seperti terapi herbal dalam menurunkan tekanan darah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2019
How to Cite
DAULAY, Nanda Masraini; SIMAMORA, Febrina Angraini. Demonstrasi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Desa Labuhan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-12, nov. 2019. ISSN 2715-0178. Available at: <http://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/129>. Date accessed: 27 apr. 2024.