Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Desa Gunungtua Julu Kabupaten Padang Lawas Utara

Authors

  • Anni Mardiah Pohan Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan
  • Sakinah Yusro Pohan Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1283

Abstract

Kelas ibu hamil adalah salah satu bentuk pendidikan prenatal yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil danperubahan perilaku positif sehingga ibu diharapkan memeriksakan kehamilan dan melahirkan ke tenaga kesehatan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu sehingga siap dengan persalinannya dan perrawatan bayinya. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi dengan jumlah peserta sebanyak 9 orang dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan senam ibu hamil. Hasil evaluasi selama proses kegiatan berlangsung didapatkan seluruh peserta telah paham tentang perawatan kehamilan dan bayi baru lahir dan merasa bugar setelah senam hamil. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan termotivasi untuk aktif mengikuti kelas ibu hamil secara rutin.

Keywords:

Kelas ibu hamil,pengetahuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawati, P. R. (2017). Hubungan pengetahuan ibu hamil dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Siklus: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 6(2).
BPS,2014. Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Badan Pusat Statistik
Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil
Lucia, S., Purwandari, A., & Pesak, E. (2015). Pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan tentang persiapan persalinan. Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), 3(1), 61-65.

Published

2024-04-30

How to Cite

Pohan, A. M., & Pohan, S. Y. (2024). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Desa Gunungtua Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 6(1), 21–23. https://doi.org/10.51933/jpma.v6i1.1283