PENYULUHAN HIDUP SEHAT DAN SUKSES BAGI LANSIA DI DESA MUARA PURBA NAULI KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2021

  • Rosmainun H Akademi Kebidanan Sentral

Abstract

PENYULUHAN HIDUP SEHAT DAN SUKSES BAGI LANSIA DI DESA MUARA PURBA NAULI KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2021


 


Rosmainun


Dosen Program Studi D-III Kebidanan


Akademi Kebidanan Sentral Padang Sidempuan


rosmainun88@gmail.com


 


ABSTRAK


Pelaksanaan pembangunan nasional bertujuan mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, telah
menghasilkan kondisi social masyarakat yang makin membaik dan usia harapan hidup yang makin meningkat, sehingga jumlah lanjut usia (lansia) makin bertambah..


Seiring dengan angka harapan hidup yang semakin baik, maka jumlah lanjut usia semakin meningkat. Lanjut usia memiliki potensi, maka mereka perlu mendapatkan penguatan agar mereka tidak menjadi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang akan membebani keluarganyaDengan Pengabdian ini ibu lebih paham manfaat pijat bayi tidak sekedar memijat bayi saat sakit saja.


Psikologis penuaan yang berhasil, dicerminkan pada kemampuan individu lansia beradaptasi terhadap kehidupan fisik, sosial dan emosional serta mencapai kebahagiaan, kedamaian dan kepuasan hidup.Karena perubahan dalam pola hidup tidak dapat dihindari. Individu harus memperlihatkan kemampuan untuk kembali bersemangat. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk mempertahankan derajat kesehatan para lansia pada taraf setinggi-tingginya agar terhindar dari penyakit atau gangguan


Populasi lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun diperkirakan akan meningkat cukup tinggi beberapa tahun ke depan. Kategori lansia di Indonesia yaitu berusia atas 60 tahun. Penduduk lansia dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu lansia muda (60-69 tahun), lansia madya (70-79 tahun), dan lansia tua (80 tahun ke atas).


Kota Padang Sidempuan sendiri memiliki persentase penduduk Lanjut usia sebanyak 6,8% pada Tahun 2019. Sedangkan Kabupaten Tapanuli Selatan mencatat persentase penduduk lanjut usia pada tahun 2019 sebanyak 8% dari total penduduk.


Diharapkan kepada Bidan Desa untuk mengaktifkan program terkait kesehatan dan produktifitas Lanjut Usia.


              


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 19, 2022
How to Cite
H, Rosmainun. PENYULUHAN HIDUP SEHAT DAN SUKSES BAGI LANSIA DI DESA MUARA PURBA NAULI KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS TAHUN 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 51-57, apr. 2022. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/742>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/jpma.v4i1.742.