ANALISIS BAURAN PEMASARAN USAHA KUE TRADISIONAL DI DESA MAGA KECAMATAN LEMBAH SORIK MERAPI
ANALISIS BAURAN PEMASARAN USAHA KUE TRADISIONAL DI DESA MAGA KECAMATAN LEMBAH SORIK MERAPI
Abstract
Pemasaran merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam perkembangan usaha mikro. Peran strategi pemasaran tidak lepas dari fungsi-fungsi yang berkaitan dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang baik juga diperlukan dalam pengembangan usaha mikro. Dalam industri makanan, penting untuk mengetahui sisi bauran pemasaran mana yang lebih disukai agar loyalitas pelanggan tidak hilang. Salah satu bisnis kuliner yang bauran pemasarannya sedang dipelajari adalah bisnis makanan kue tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing usah kue tradisional Bika Bakar di Desa Maga Kecamatan Lembah Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitiatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data dengan metode triangulasi, metode selanjutnya data disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian diketahui bahwa pemilik usaha kue dange menerapkan strategi bauran pemasaran (7P) yang baik yaitu dari segi Product, Price, Place, Promotion, People, Procces, dan Physical Evidence. Strategi pemasaran yang diterapkan meningkatkan daya saing usaha. Kue Tradisional Bika Bakar dengan para pesaingnya dengan memberikan kualitas rasa yang baik, dan harga yang mampu bersaing dengan acuan sasaran yang ingin dituju.
Kata kunci : Bauran pemasaran, daya saing, kue Bika Bakar